Rumah Zakat Dirikan 137 Water Well di Seluruh Pelosok Indonesia

Fungsi air bersih sangat vital bagi kehidupan, sehingga keberadaannya sangat penting dan harus dilindungi. Karena itulah Rumah Zakat sangat fokus dalam penyediaan air bersih untuk warga yang tinggal di wilayah rawan air bersih dan pelosok, dengan membangun Water Well, sebuah program pengadaan air bersih dan sanitasi publik yang dibangun untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan air untuk mandi, mencuci, dan memasak. Bermitra dengan korporat dan perorangan, seperti Peruri, Pelindo, MTT Telkomsel, Axis, FIF, Pegadaian, Yuasa dan masih banyak lagi mitra korporat lainnya, hingga Desember 2010 sebanyak 137 Water Well telah dibangun di seluruh pelosok Indonesia.

Seperti di Jayapura, Keceriaan dan kegembiraan nampak pada wajah masyarakat Koya Barat, Distri Muara Tami, Kota Jayapura. Karena pada akhir Januari 2011 lalu mereka mendapatkan bantuan Water Well yang sangat megah dan berdiri kokoh. Bantuan ini diberikan hasil kerja sama Rumah Zakat dengan Perum Pegadaian.

Sebagai tahap recoveri, Rumah Zakat juga membangun Water Well di wilayah pengungsian Merapi, tepatnya di Shelter As Sakinah Mandiri, Kalasan, Sleman Yogyakarta, pada akhir Desember 2010 lalu, water well ini mampu menampung 20 kepala keluarga. Sebelumnya Rumah Zakat bersama Unilever juga menyalurkan bantuan sarana air bersih untuk dikonsumsi.

Sarana Water Well ini diwujudkan dalam 2 kamar mandi, 1 toilet, dan tempat mencuci baju. "Saat pembuatan hunian sementara, yang menjadi prioritas adalah tempat berteduh. MCK bisa di rumah warga atau masjid sekitar," ujar kordinator pengungsi, Ngatemin. Dalam perkembangannya, kegiatan MCK yang masih menumpang di tempat warga tersebut menimbulkan rasa ewuh (tidak enak hati) bagi pengungsi. "Ndak enak dengan warga di sini. WC mereka jadi penuh," tambah Ngatemin.

Dengan pembangunan sarana Water Well tersebut, kesehatan lingkungan hunian sementara bisa terjaga meski didirikan di areal persawahan. "Kami sebisa mungkin tidak menambah beban pengungsi dengan penyakit-penyakit yang ditimbulkan dari lingkunga yang tidak sehat, salah satunya dengan membangun Water Well,” ujar Didik Agus, Member Relationship Officer Rumah Zakat Cabang Yogyakarta.

Media Relations Rumah Zakat
[email protected]