Ini Cara Rasulullah ﷺ Ketika Tidak Selera Dengan Makanan

Eramuslim – Mencoba berbagai makanan kini sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Mereka mencicipi berbagai makanan di berbagai restoran, kafe, jajanan kali lima atau masakan lainnya.

Setelah di makanan, masakan-masakan itu kemudian dikomentari. Komentarnya pun beragam, ada komentar postif, negatif, kritik dan saran. Tapi tak sedikit juga mencela makanan tersebut. Ya, mencela makanan atau mengatakan makanan tidak enak kini menjadi hal biasa. Terlepas makanan itu merupakan makanan selera kita atau bukan.

Namuan, tahukah Anda bahwa makanan adalah salah satu nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-Nya. Oleh sebab itu kita harus mensyukurinya. Meskipun makanan itu kita tidak suka, jangan mencela makanan.

Dalam hal ini kita perlu meneladani sikap Rasulullah ﷺ terhadap makanan. Beliau tidak pernah mencela makanan. Apabila makanan yang dihidangkan beliau suka, maka beliau menyantapnya. Sedangkan sikap beliau saat menghadapai jamuan yang tidak menarik hati, beliau tidak mengambilnya dan tidak berkomentar.

Dalam sebuah hadits, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, ia berkata,

كَانَ إِذَا اشْتَهَى شَيْئًا أَكَلَهُ وَإِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ

Rasulullah sama sekali tidak pernah mencela makanan. Kalau beliau menyukainya, maka akan beliau makan. Dan jika tidak menyukainya, beliau Tinggalkan”. (HR al-Bukhâri dan Muslim).

Bagi Rasulullah ﷺ, perkara makanan adalah masalah yang sangat sederhana. Kalau ada makanan beliau makan, jika tidak ada beliau akan puasa. Rasulullah tidak pernah meminta dimasakkan makanan yang aneh-aneh kepada istri-istrinya.