Ini Kaos Kaki Bersetifikasi Halal Pertama di Dunia

Eramuslim –  Bagi seorang Muslimah, kaos kaki merupakan salah satu kebutuhan untuk menutup aurat. Selain itu, kaos kaki juga menjadi gaya berbusana agar tampil cantik dan menawan selaras dengan busana yang dikenakan. Tak heran jika produk kaos kaki memiliki permintaan yang cukup besar. Bahkan saat ini telah ada kaos kaki bersertifikasi halal.

Adalah kaos kaki merek Soka yang menjadi kaos kaki bersertifikasi halal pertama di Indonesia sekaligus di dunia. Hal yang mendasari sertifikasi halal yaitu proses produksinya. Mulai proses pembuatan benang hingga menjadi bahan baku, kaos kaki ini terbukti halal. Soka telah didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia hingga mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Arab Saudi dan lainnya.

Kaos kaki dapat dibuat dengan menggunakan mesin knitting atau mesin rajut sederhana hingga modern dengan menggunakan benang alami atau sintesis sesuai karakteristik yang diinginkan. Keseluruhan proses dan penggunaan alat harus terbebas dari segala sesuatu yang bersifat haram.

Proses produksi kaos kaki terbagi menjadi 7 tahapan yaitu pembuatan desain yang diaplikasikan kedalam settingan mesin kaos kaki , pencelupan warna, softening, perajutan dengan mesin, penjahitan khusus kaos kaki jempol, proses oven dan pengepakan. Pada proses softening atau pencelupan menggunakan pelumas yang berasal dari asam lemak atau lemak hewan. Tentu saja soka tidak akan menggunakan lemak atau minyak dari hewan yang tidak halal.