Ini Persiapan Persenjataan China Untuk Hadapi India

Eramuslim.com – Konflik perbatasan yang memanas membuat China bersiap mengerahkan potensinya. Media milik pemerintah China telah mendaftarkan tank, howitzer, Helikopter, dan senjata lainnya sebagai persiapan.

Analis militer China mengatakan China memperluas arsenalnya sejak tahun-tahun lalu, tepatnya ketika terjadi kebuntuan Doklam pada 2017.

“Sejak kebuntuan Doklam dengan India pada 2017, militer Tiongkok telah memperluas arsenalnya dengan senjata seperti tank Tipe 15, helikopter Z-20 dan drone tempur Wing Loong II (GJ-2) yang seharusnya memberi China keuntungan di tempat yang tinggi,” katanya seperti dikutip dari Global Times, Minggu (31/5).

Pada parade Hari Nasional edisi tahun lalu, China telah meluncurkan tank Type 15 30-ton baru dan howitzer mount-mounter PCL-181 berkapasitas 25 ton. Kedua peralatan militer Tiongkok terbaru ini terlihat di Daerah Otonomi Tibet Tiongkok Barat Daya pada Januari, sangat dekat dengan Ladakh India.

“Dengan sistem kontrol penembakan canggih dan senjata utama penusuk zirah kaliber 105 milimeter, tangki ringan Tipe 15 dapat mengalahkan kendaraan lapis baja ringan lainnya di ketinggian,” klaim para ahli.