Inilah Kronologis Serangan Mobil Terbakar Di Acara Habib Rizieq

Eramuslim.com – Sebuah mobil yang dalam kondisi terbakar dan berjalan sendiri nyaris mengenai jamaah tabligh akbar Isra Mi’raj di dekat flyover Cawang, Jakarta, Ahad (16/4) dini hari. Saksi mata yang melihat kejadian itu menuturkan peristiwa tersebut.

Salah satu saksi yang berada di tempat kejadian, Alfan Basuki Raharja (18 tahun), mengatakan, terbakarnya mobil terjadi saat berada di atas flyover Cawang, Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. Setelah terbakar, mobil dengan pelat nomor wilayah bogor itu tiba-tiba mundur secara perlahan sekitar 100 meter mendekati lokasi acara tabligh akbar.

Menurut penjaga parkir motor itu, saat itu acara hampir selesai dan massa akan bubar. “Mobil itu mundur ke arah acara. Tapi alhamdulillah banyak motor terpakir di depan, sehingga mobil yang terbakar itu tertahan lajunya oleh motor yang diparkir. Langsung disingkirkan motor-motor yang parkir di sana oleh laskar agar aman,” ujar dia di lokasi kejadian, Cawang, Jakarta Timur, Ahad (16/4).

Saksi lain, Zailani (51), yang juga ikut dalam acara yang dihadiri Imam Besar FPI Habieb Rizieq itu mengatakan, selain satu mobil yang terbakar, di lokasi ada dua mobil lain yang ditemukan warga. Kedua mobil itu diketahui tak jauh dari titik mobil yang terbakar.

Zailani mengatakan, warga menemukan jeriken yang berisi bensin di salah satu mobil itu. Anehnya, warga tidak menemukan penumpang atau pengemudi di ketiga mobil tersebut. Ia mengatakan, Laskar FPI langsung menahan ban mobil tersebut dengan batu agar tidak berjalan sendiri di jalan yang miring memasuki area tabligh akbar.

“Saya meyakini itu sih tidak mundur sendiri, tapi didorong orang. Dari jauh saya sudah mencium bau bensin yang menyengat. Untung saja laskar tanggap, mereka menahan mobil agar tidak mendekati aula,” kata Zailani.

Zailani mengatakan, saat mobil terbakar, terlihat dua orang dengan sepeda motor melewati massa dan meneriakkan kata-kata “Dua! Dua!”. Namun, tidak diketahui identitas dari mereka. “Mereka seperti memancing kami, tetapi untungnya kami tidak terpancing,” kata dia.

Sementara, Kasubbag Humas Polres Jakarta Timur Kompol Wasiem menjelaskan kronologi singkat kejadian tersebut. Menurut dia, insiden tersebut terjadi dalam acara Isra Mi’raj yang dihadiri Habib Rizieq.

“Saat sedang berlangsung acara Isra Mi’raj, mendadak ada satu unit mobil Avanza melintas, mobil tersebut mundur dan pada saat mundur terjadi ledakan dan menimbulkan kebakaran,” ujarnya saat dikonfirmasi pada Ahad (16/4).

Menurut dia, mobil yang terbakar dan sempat meledak itu akhirnya dipadamkan oleh jamaah acara tabligh akbar tersebut. Saat diperiksa, ditemukan sejumlah jeriken bensin di dua mobil yang terparkir tak jauh dari mobil yang terbakar itu.

Pascakejadian, kata Wasiem, tim Gegana melakukan penyisiran di lokasi kejadian. “Tim Gegana juga sudah menyisir di sekitar lokasi tapi tak ditemukan benda-benda mencurigakan seperti itu (bom),” ujarnya.

Saat ini, kata dia, polisi sedang mencari tahu siapa pemilik mobil yang terbakar itu, termasuk mendalami apakah mobil tersebut sengaja dibakar untuk meresahkan jamaah tabligh akbar. Ia pun meminta semua pihak bersabar menunggu hasil penyelidikan polisi. “Saksi-saksi yang ada di lokasi juga masih kami mintai keterangannya,” katanya.(dz/rol)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm