Istilah ‘Uang Lebaran’ di Cina, Arab Saudi, dan Indonesia

Saat berkumpul itulah Eidiyah diberikan oleh orang tua kepada anak-anak sebagai hadiah Idul Fitri. “Saat Idul Fitri kami memberikan anak-anak mainan dan uang sebagai cara untuk berterima kasih kepada mereka yang telah berpuasa Ramadan, dan mendorong mereka agar tahun depan kembali berpuasa lagi,” kata Barazanji, warga Saudi.

Tentu saja, kutipan sebagian pendapat masyarakat Arab Saudi tersebut, bukan berarti mewakili semua kebiasaan umum masyarakat Arab Saudi, yang mayoritas Islam. Namun setidaknya menggambarkan beberapa daerah di sana memiliki tradisi yang mirip dengan di Indonesia.

Memberi hadiah tidak dilarang dalam Islam, malahan justru dianjurkan karena bisa mempererat tali silaturahim. Sebaliknya, menyepelekan hadiah bisa menyebabkan pengaruh yang kurang baik dan menghilangkan rasa cinta di antara mereka. Rasullah SAW bersabda: “Berilah hadiah, niscaya kalian akan saling mencintai.” (HR. Bukhari)

Satu hal yang perlu diingat adalah setiap pekerjaan harus disertai dengan niat yang baik. Untuk itu, siapapun yang memberikan hadiah harus memiliki niat yang tulus, memperkuat hubungan saudara karena Allah, menumbuhkan rasa cinta serta menghapus kedengkian karena Allah, yang semua itu demi meraih keridhaan Allah semata. Dan Idul Fitri adalah satu momen yang tepat untuk saling memberi hadiah. (sa)