Jaga Kepentingan Di Suriah, AS Kirimkan Paket Senjata Kepada Pejuang Suriah Di Wilayah Selatan

oposisi suriahSetelah mendapat persetujuan Kongres Amerika untuk mengirimkan paket senjata kepada pasukan pejuang moderat Suriah yang berada di wilayah selatan, Washington mulai mengirimkan paket senjata ringan seperti dikonfirmasi oleh pejabat keamanan AS dan Eropa.

Paket yang terdiri dari berbagai jenis senjata ringan serta sejumlah senjata berat seperti rudal anti-tank akan dikirim pemerintah AS melalui Jordan.

Menurut para pejabat keamanan AS, Kongres telah menyetujui pendanaan dari pengiriman tersebut pada pemungutan suara dalam sesi tertutup untuk tahun keuangan pemerintah tahun 2013/2014 , yang berakhir pada 30 September lalu.

Sebelumnya pada musim panas tahun 2013 lalu, Kongres meminta Washington untuk segera menghentikan bantuan senjata kepada para pejuang Suriah setelah mendapat laporan bahwa bantuan tersebut jatuh kepada kelompok militan Islam.

Namun dalam perkembangan terbaru yang diterima menyatakan bahwa para pejabat keamanan nasional dan anggota Kongres kini percaya bahwa senjata yang mereka kirim melalui wilayah selatan Suriah akan diterima kelompok revolusi moderat Suriah.

AS mengakui bahwa memberikan senjata kepada oposisi Suriah tidak secara signifikan akan meningkatkan peluang menang melawan tentara Presiden Suriah Bashar al Assad. Pejabat keamanan AS mengatakan bahwa kelompok pejuang moderat Suriah kini semakin memperkuat posisi mereka di wilayah selatan. (Aljazeera/Ram)