Jauhi Amerika Serikat, Arab Saudi Berencana Beli Sistem Persenjataan Dari Rusia

Eramuslim – Pemerintah Arab Saudi tertarik untuk menandatangani kesepakatan pembelian senjata terbesar dari Rusia. Pernyataan ini dikatakan seorang pejabat Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Kamis (27/04).

“Kami telah mempertahankan kerja sama yang sangat proaktif selama dua setengah tahun terakhir. Kami memiliki daftar panjang kemungkinan permintaan Anda untuk sistem senjata paling canggih,” ujar Wakil Menteri Pertahanan Rusia Letjen Aleksander Fomin dalam pertemuan dengan wakil kepala staf Jenderal angkatan bersenjata Arab Saudi, Fayad Hamed Al-Ruwaili, di sela-sela Konferensi Keamanan Internasional Moskow ke-6.

Letjen Aleksander Fomin mengatakan bahwa Moskow bertekad untuk terus mengembangkan kerjasama bilateral dengan Arab Saudi di bidang militer dan teknik militer, serta dapat berharap untuk membuka dialog lebih lanjut mengenai berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama, khususnya di kawasan Dunia Arab.

Perlu diketahui bahwa Trump kerap menyamakan Saudi dengan sapi perahanan yang harus mengeluarkan uang untuk perlindungan negaranya.

Dalam wawancaranya hari Kamis kemarin saja Trump menyebut Arab Saudi tidak tahu cara berterima kasih atas payung keamanan yang diberikan negaranya .

“Sejujurnya, Arab Saudi tidak memperlakukan secara adil, karena kita telah keluar banyak sekali uang untuk mempertahankan Arab Saudi,” ujar trump dalam wawancaranya.

Apakah ini menjadi tanda awal Arab Saudi akan beralih kepada Rusia? (Memo/Ram)