Jelang Masa Jabatan Berakhir, Obama Angkat Seluruh Syarat Bantuan Militer Kepada Pihak Luar

obamaEramuslim – Menjelang berakhirnya masa jabatan pada bulan Januari mendatang, Kamis 8 Desember 2016, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengangkat syarat dan pembatasan bantuan senjata, amunisi dan peralatan militer kepada kelompok pejuang moderat pro-Barat di Suriah.

“Kebijakan bantuan senjata baru berlaku kepada setiap pasukan asing, kelompok ataupun individu yang terlibat serta mendukung Amerika Serikat dalam memerangi kelompok mujahidin di Suriah,” ujar Gedung Putih dalam pernyataannya.

Gedung Putih menjelasakan bahwa kebijakan penghilangan seluruh syarat dan pembatasan senjata dilakukan Obama untuk menjaga kepentingan keamanan nasional Amerika Serikat di luar negeri, khususnya Dunia Arab.

Akan tetapi langkah Obama untuk menghilangkan syarat dan pembatasan senjata kepada pejuang moderat pro-Barat di Suriah dapat terganjal oleh Kongres yang menjadi penentu akhir bantuan militer dan keuangan kepada negara ataupun kelompok luar.

Perlu diketahui bahwa sejak bulan November kemarin AS bersama pejuang moderat pro-Barat di Suriah telah memulai operasi pembebasan kota Raqqa yang menjadi basis utama salah satu kelompok mujahidin di Suriah. (Arabicsputnik/Ram)