Jenderal Abdel Fattah Sisi Akan Umumkan Pencalonannya Dalam 72 Jam Mendatang

Abdul Fattah al-SisiSurat kabar asal Saudi Arabia, Okaz, menyatakan bahwa Jenderal Abdel Fattah al – Sisi akan mengumumkan pencalonannya secara resmi untuk pemilihan presiden mendatang dalam tempo waktu 72 jam kedepan.

Seperti dilansir Okaz dari juru bicara “Gerakan penuhi tugasmu”, Abdul Nabi Abdul Sattar mengatakan “Sisi akan menyelesaikan keputusan pencalonannya sebagai presiden selama 72 jam mendatang atau tepatnya pada hari Rabu nanti.”

Seorang sumber penting di dalam pemerintahan saat ini mengungkapkan bahwa dalam beberapa hari kedepan akan terjadi sejumlah perombakan kabinet interim Mesir, termasuk posisi Perdana Menteri, Wakil Perdana Menteri, Menteri Pertahanan dan Menteri Produksi Mesir.

Sementara itu Komite Tinggi untuk pemilihan presiden akan mengadakan pertemuan pada hari Senin ini  untuk membahas tanggal pemilu presiden sesuai dengan konstitusi baru yang telah disepakati oleh sebagian warga Mesir.

Menurut Pasal 230 dari konstitusi baru, pemilihan presiden berlangsung dalam jangka waktu tidak kurang dari 30 hari dan tidak lebih dari 90 hari sejak tanggal konstitusi ditetapkan, tercatat bahwa konstitusi baru disahkan baru pada tanggal 18 Januari kemarin.

Selain itu Komite Tinggi juga membahas dalam rapat hari ini berbagai syarat bagi calon yang ingin mengajukan diri sebagai kandidat capres dalam pemilu mendatang. (Akhbarak/Ram)