Jubir IDF: Israel Punya Hubungan Dekat Dengan Sejumlah Negara Arab

Eramuslim – Juru bicara Israel Defence Force (IDF), Ovijaa Adraei mengakui bahwa Israel memiliki hubungan rahasia yang erat dengan sejumlah negara-negara Arab di Timur Tengah. Pernyataan ini dikatakannya dalam wawancara dengan stasiun televise Rusia Today menanggapi perkembangan di kawasan.

“Kita bicara tentang diri kita sendiri dan berbicara mengenai hubungan mesra dengan beberapa negara di kawasan Timur Tengah. Saya berharap dalam waktu dekat kami dapat berbicara langsung tentang identitas negara-negara ini,” ujar Ovijaa Adraei.

Senada dengan Ovijaa, Kepala Staf Militer Zionis Israel, Jenderal Gadi Eizenkot, dalam Konferensi Keamanan Nasional Herzliya pada bulan Juni ini mengatakan bahwa dalam beberapa waktu terakhir telah terjadi peningkatan dari hubungan rahasia dan terang-terangan dengan sejumlah negara Arab di kawasan.

Sementara itu Perdana Menteri Zionis Israel Benjamin Netanyahu dalam pernyataanya di awal tahun 2017 menggambarkan hubungan antara negaranya dengan Arab Saudi sebagai mitra dan sekutu.

“Ada perubahan dramatis dalam hubungan luar negeri Zionis Israel dalam beberapa waktu terakhir. Dimana tetangga Arabnya, Arab Saudi, telah melihat kami sebagai sekutu dan bukan ancaman,” ujar Netanyahu di sela-sela Forum Ekonomi Davos, Swiss. (Rassd/Ram)