Jurnal Kesehatan Internasional; Awas! Makanan Olahan Picu Resiko Kanker

Eramuslim – Menyiapkan sarapan adalah cara penting untuk memulai hari yang sehat. Tapi tunggu dulu, cukup sehatkan menu sarapan Anda? Jika demi menghemat waktu kita memilih makanan yang diproses lama atau makanan cepat saji, sebaiknya pertimbangkan lagi.

Sebuah penelitian menyatakan orang yang terlalu sering makan makanan yang diproses seperti nugget ayam dan mi instan punya risiko lebih besar terserang penyakit kanker.

Telah lama diketahui makan makanan yang segar seperti sayur, buah dan gandum utuh lebih sehat dan bisa mencegah risiko kanker.

Sementara tak hanya meningkatkan risiko kanker, makanan yang diproses lama juga meningkatkan obesitas karena kadar kalorinya yang tinggi.

Penelitian tentang efek makanan proses dilakukan di Perancis dan Brazil. “Kesimpulan kami, makanan yang diproses lama juga meningkatkan risiko kanker,” ujar tim peneliti melalui publikasi di jurnal online British Medical Journal (BMJ).

“Peningkatan 10 persen dari proporsi makanan olahan dalam diet harian berhubungan signifikan dengan peningkatan 10 persen risiko kanker payudara.”