Kapal Pesiar Ini Dilarang Berlabuh di 4 Negara Gegara Virus Corona

Eramuslim.com -Sebuah kapal pesiar bernama MS Westerdam tidak diizinkan berlabuh di Thailand, setelah ditolak oleh tiga negara lainnya karena kekhawatiran wabah virus corona. Kapal pesiar milik operator Holland America, yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini, membawa sekitar 2 ribu orang di dalamnya.

Seperti dilansir The Star dan Reuters, Selasa (11/2/2020), dalam pernyataan via situs Holland America disebutkan bahwa otoritas Thailand akan mengizinkan kapal pesiar itu berlabuh di Pelabuhan Laem Chabang pada Kamis (13/2) mendatang.

Menurut Holland America, para penumpang kapal itu semula akan diturunkan di Chonburi, Thailand dan dibawa langsung ke Bandara Internasional Don Mueang untuk diterbangkan ke negara asal masing-masing. Tidak disebut lebih lanjut asal kewarganegaraan dari 2 ribu orang di dalam kapal pesiar itu.

Kapal pesiar ini sebelumnya ditolak oleh otoritas Jepang, Filipina dan Taiwan yang menutup pelabuhan mereka di tengah kekhawatiran menyebar luasnya virus corona.

Dalam pernyataan terbaru via Facebook, Wakil Perdana Menteri (PM) Thailand yang merangkap sebagai Menteri Kesehatan, Anutin Charnvirakul, menegaskan dirinya telah merilis perintah untuk melarang kapal pesiar itu berlabuh di wilayah Thailand.