Karim Benzema Striker Real Madrid yang Hobi Bekam Sesuai Sunnah Nabi SAW

Karim Benzema Striker Real Madrid yang Hobi Bekam Sesuai Sunnah Nabi SAW

Eramuslim.com – Striker Real Madrid, Karim Benzema, memiliki kebiasaan melakukan hijamah atau bekam. Pesepakbola muslim ini pun membagikan aktivitasnya menjalani terapi bekam di Instagram pribadinya, @karimbenzema.

The best therapy ever #alhamdulillah,” tulis pemain asal Prancis dengan garis keturunan Aljazair dalam akun instagram @karimbenzema, Rabu (13/10/2021).

Karim Benzema percaya bekam bisa menjaga kebugarannya. Sehingga, meski sudah berusia 33 tahun, dia bisa tetap prima melakoni pertandingan bersama Real Madrid dan Timnas Prancis.

Dalam unggahan tersebut, dia memasukkan sebuah video yang memperlihatkan tubuhnya usai dibekam.

Karim Benzema Striker Real Madrid yang Hobi Bekam Sesuai Sunnah Nabi SAW
Bekam (hijamah) adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya.

Bekam merupakan metode pengobatan warisan Nabi Muhammad SAW. Dalam riwayat disebutkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib pernah bercerita: “’Jibril datang kepada Nabi Muhammad SAW dengan perintah berbekam pada titik al-akhdain (urat leher) dan al-kahil (pundak),” (HR Ad-Dailami).

Ada juga riwayat lain dari Shuhaib, Rasulullah SAW bersabda: “Berbekamlah di tengah tengkuk karena hal itu dapat menyembuhkan 72 macam penyakit.”

Bekam amat populer di Timur Tengah dengan nama Al Hijamah. Meski begitu, di belahan dunia lain juga mengenal metode ini dengan nama yang berbeda-beda.

Di Jawa, metode pengobatan ini dikenal dengan nama cantuk atau kop. Di Sumbawa dan sekitarnya juga mengenal cara ini dengan nama tangkik atau batangkik.

Dalam bahasa Inggris disebut blood cupping. Dan, dalam bahasa Mandarin disebut pa hou kuan. Di Asia Tenggara (Malaysia dan Indonesia) dikenal dengan sebutan bekam.