free hit counters
 

Ketegangan Meningkat, Kapal Perang AS Dekati Pulau Milik Cina

Redaksi – Jumat, 22 November 2019 18:31 WIB

Eramuslim.com – Ketegangan antara dua negara raksasa, Cina dan Amerika Serikat (AS), masih berlanjut dan bahkan cenderung naik. Kapal perang AS dua kali berlayar di dekat pulau-pulau yang diklaim oleh Cina di Laut Cina Selatan dalam beberapa hari terakhir. Militer AS mengatakan kepada Reuters, Kamis (21/11), pada saat ketegangan meningkat antara dua ekonomi terbesar dunia.

Angkatan Laut AS berkali-kali membuat marah Cina. AS melakukan operasi “kebebasan navigasi” oleh kapal-kapal yang dekat dengan beberapa pulau yang diduduki Cina. AS beranggapan itu kebebasan akses ke saluran air internasional.

Kapal tempur pesisir Gabrielle Giffords melakukan perjalanan dalam 12 mil laut dari Mischief Reef pada hari Rabu. Ini diutarakan Komandan Reann Mommsen, seorang juru bicara untuk armada ketujuh Angkatan Laut AS.

“Misi-misi ini didasarkan pada aturan hukum dan menunjukkan komitmen kami untuk menegakkan hak, kebebasan, dan penggunaan laut dan wilayah udara yang dijamin secara hukum untuk semua negara,” katanya. Militer Cina pada Jumat ini mengkonfirmasi, bahwa kedua kapal perang AS telah berlayar melalui jalur perairan yang kontroversial. Cina pun melacak jalur kapal-kapal AS.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru