Ketika Umar bin Khattab Semangati Mujahidin Palestina

Eramuslim.com – Kaum Muslimin berhasil membebaskan Palestina dari penjajah Bani Israil di zaman pemerintahan Sayyidina ‘Umar bin Khaththab Radhiyallahu ‘anhu. Oleh sebagian kaum Muslimin, tanah yang berhasil direbut ditanami gandum.

“Khalifah ‘Umar bin Khaththab mendengar kabar tersebut, kemudian beliau mengirim utusan untuk membakar ladang gandum kaum Muslimin.” tulis Dr ‘Abdullah ‘Azzam dalam Tarbiyah Jihadiyah.

Selain membakar ladang gandum, utusan Khalifah ‘Umar bin Khaththab juga memberikan sepucuk surat kepada kaum Muslimin di Palestina. Surat yang pendek dan sangat ringkas, tapi berhasil membangkitkan semangat kaum Muslimin untuk tetap bersiap-siaga di medan jihad.

Surat ini berisi motivasi agar kaum Muslimin tidak lalai dari jihad yang merupakan salah satu amalan utama dalam Islam yang mulia. Bahwa berdagang itu penting dan merupakan sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tapi jangan sampai membuat kaum Muslimin lupa dengan kewajiban lain yang lebih utama, jihad di jalan Allah Ta’ala.

Ketika perniagaan disikapi dengan keliru, ia bisa saja melalaikan. Alhasil, perniagaan yang seharusnya membuat kaum Muslimin ingat dan beribadah kepada Allah Ta’ala justru melalaikan dan memalingkan mereka kepada dunia yang sementara.