Kisah Muslimah yang Pernah Tolak Lamaran Nabi karena Enggan Tinggalkan Yahudi

Eramuslim.com -Sejarah kehidupan seseorang benar-benar misterius. Ada yang mengawalinya dengan Islam, menjalani hidup dalam iman, tapi berakhir mengenaskan dalam kekafiran. Na’udzubillahi min dzalik. Sebaliknya, ada yang hidup dalam gelimang sia-sia, dosa, dan maksiat, lalu mendapat hidayah dan mati dalam keadaan beriman kepada Allah Ta’ala.

Wanita keturunan Yahudi ini, mendapati kisah kedua. Setelah hidup dalam agama Yahudi, mengikuti keluarga dan masyarakatnya, ia sempat menolak saat ditawari Islam dan menjadi istri Rasulullah Shalllalahu ‘Alaihi wa Sallam.

Setelah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan kaum Muslimin menyelesaikan urusan dengan Yahudi Bani Quraizhah karena melanggar perjanjian, “Nabi tertegun melihat seorang tawanan perempuan.” Lantaran prihatin dan iba, demikian ini dituturkan oleh Dr Nizhar Abazhah dalam Bilik-Bilik Cinta Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Dipilihlah wanita itu dan ditawari untuk dibebaskan dan dijadikan istri.”

Lebih dari durian runtuh, wanita ini mendapatkan rezeki yang teramat agung. Menjadi manusia bebas setelah tertawan, dijadikan istri oleh laki-laki paling terhormat sejagad, dan dibebaskan dari Yahudi menuju Islam yang mulia.