Kongres AS : Israel Adalah Sekutu Terbaik Amerika Serikat

kongres ASKongres Amerika Serikat dengan suara bulat mengesahkan RUU yang mengklasifikasikan Israel sebagai mitra strategis utama dari Amerika Serikat, dalam pemungutan suara yang digelar hari Rabu (03/12).

RUU yang baru disahkan Kongres AS ini berisi peningkatan hubungan kerjasama di antara kedua negara di bidang pertahanan dan keamanan, energi, penelitian dan pengembangan sains, bisnis, pertanian, pertanian, serta pengelolaan air.

RUU ini akan meningkat pasokan senjata AS ke Israel sebanyak sembilan kali lipat, atau dari sekitar 200 juta dolar AS menjadi 1,8 miliar dolar AS, setelah pada bulan September lalu RUU ini terlebih dahulu disetujui dengan suara bulat oleh anggota Senat AS.

Nantinya sebagai timbal balik bantuan tersebut, Israel harus mengirimkan informasi lebih sistematis dan spesifik dalam perkembangan militer di negara-negara sekitar Israel.

Perlu diketahui bahwa total bantuan AS ke Israel dalam kurun waktu antara tahun 2009 dan 2018 mencapai $ 30 miliar, setelah sebelumnya AS juga meningkatkan anggran Iron Dome Israel dari sekitar 235 juta dolar AS di tahun 2014 menjadi 351 juta dolar AS di tahun 2015 mendatang. (Skynewsarabia/Ram)