Kremlin: Rusia Hanya akan Gunakan Senjata Nuklir jika Terancam

Kremlin: Rusia Hanya akan Gunakan Senjata Nuklir jika Terancam

eramuslim.com – Juru bicara Kremlin mengatakan Rusia memiliki ‘konsep keamanan domestik’ yang menguraikan kapan senjata nuklir dapat digunakan.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan dalam sebuah wawancara, Rusia hanya akan menggunakan senjata nuklir jika keberadaannya terancam.

Komentar Peskov muncul ketika ditanya apakah dia yakin bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menggunakan opsi nuklir dalam perang di Ukraina.

“Kami memiliki konsep keamanan dalam negeri, dan itu publik. Anda dapat membaca semua alasan penggunaan senjata nuklir,” kata Peskov, Selasa (22/3/2022), dilansir Al Jazeera.

“Jadi kalau itu ancaman eksistensial bagi negara kita, maka bisa digunakan sesuai dengan konsep kita.”

Sebelumnya, pada bulan lalu, Putin memerintahkan pasukan nuklir Rusia untuk siaga tinggi.

Sejalan dengan perintah tersebut, kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada 28 Februari bahwa pasukan rudal nuklirnya dan armada utara dan Pasifik telah ditempatkan pada tugas tempur yang ditingkatkan, kantor berita Interfax melaporkan.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, mengatakan pada 14 Maret bahwa “prospek konflik nuklir, yang dulu tidak terpikirkan, sekarang kembali ke ranah kemungkinan”.

Peskov juga mengatakan bahwa perang Rusia di Ukraina “berlangsung secara ketat sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”.

Komentar itu muncul setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden memperingatkan bahwa Putin sedang mempertimbangkan untuk menggunakan senjata kimia dan biologi di Ukraina, saat ia menggambarkan taktik Moskow semakin “brutal”.