Al Sisi, Nasser Baru Bagi Mesir? (2)

as-sisi“Saya tidak ingin memiliki Nasser lain,” kata Mohamed Abolghar, ketua Partai Demokrat Sosial Mesir, komponen utama dari pemerintah sementara yang didukung militer. Perdana menteri dan wakil perdana menteri adalah anggota partainya.

Abolghar berbicara kepada Reuters di kantor yang remang-remang di pusat kota Kairo dekat Tahrir Square, di mana para demonstran  yang menanggapi panggilan Sisi untuk berikan mandat untuk melawan “kekerasan dan terorisme” – suatu definisi terselubung yang diarahkan kepada Ikhwanul Muslimin.

“Lihatlah Hitler, dia terpilih secara demokratis. Lihatlah Mussolini, ia terpilih secara demokratis, “katanya. Ia menggaris bawahi ketidakstabilan, ia melihat ancaman terhadap demokrasi bukan dari militer tetapi dari apa yang disebutnya sebagai ancaman kekerasan Ikhwanul Muslimin.

“Sekarang, ini bukan demokrasi,” katanya.

Apa yang terjadi di Mesir sangat mempengaruhi dunia Arab, di mana tahun 2011 pemberontakan musim semi Arab terinspirasi untuk perubahan demokrasi di kawasan Arab yang telah lama didominasi oleh jenderal Militer.

Sekarang , ketakutan itu muncul kembali, dan pemerintahan sipil akan terputus , kembali lagi penindasan yang bisa mendorong gerakan Islamis kembali menjadi gerakan bawah tanah, kekerasan baru memicu kembali UU hukum darurat .

Pemerintah menjanjikan transisi menuju demokrasi baru, tetapi retorika dari kedua belah pihak menunjukkan lebih banyak kekerasan dan bisa membahayakan harapan untuk kebebasan politik. Pemerintah menuduh Ikhwanul Muslimin menghasut kekerasan, sedangkan kalangan Islam mengatakan mereka saat ini berada di bawah pengepungan Militer.

Bersambung…