free hit counters
 

Awas Penyesatan Sejarah! Republik Lanfang, Republik Pertama di Kalbar?

Redaksi – Rabu, 25 Zulhijjah 1440 H / 28 Agustus 2019 15:30 WIB

Eramuslim.com – Diam-diam, ada upaya menyesatkan dari para tukang sejarah, istilah untuk orang-orang yang menulis sejarah yang sengaja diselewengkan demi kepentingan dan tujuannya sendiri, yang menyatakan jauh sebelum NKRI berdiri telah ada sebuah negara berbentuk republik di Kalimantan Barat, bernama Republik Lanfang dimana presidennya bernama Low Fang Pak. Ini sama sekali tidak benar. Penyebutan istilah “Republik” juga tidak tepat. Artikel yang ditulis oleh salah satu situs konspirasi terbesar dunia yang berasal dari indonesia di bawah ini cukup lengkap membantah anggapan di atas. Inilah tulisannya:

Ternyata Kalimantan Barat menyimpan sejarah yang unik. Tak banyak yang tahu bahwa jauh sebelum Republik Indonesia lahir pada tahun 1945, sejak tahun 1777 hingga 1884 ada sebuah negara bernama “Republik” Lan Fang / Kongsie Langfong. 

“Republik Lan Fang” (Kongsie Lanfang) adalah nama sebuah negara Hakka (salah satu kelompok Tionghoa Han yang terbesar di Republik Rakyat Tiongkok) yang sudah berbentuk Republk, dimana di wilayah Asia Tenggara pada masa itu masih berupa kerajaan-kerajaan.



Lan Fang didirikan oleh Low Fang Pak atau kadang disebut Luo Fangbo, dan sudah berdiri di Kalimantan Barat tepatnya di Kota Mandor, Kabupaten Landak tidak jauh dari Pontianak (kini ibukota proinsi Kalimantan Barat), sampai akhirnya dibubarkan oleh Belanda pada tahun 1884, jauh sebelum Republik Indonesia berdiri.

Barawal Dari Tambang Emas di Wilayah Kalimantan Barat

Kedatangan orang-orang China dari daratan China kewilayah ini adalah atas permintaan sultan-sultan Melayu saat itu yang mendatangkan para pekerja tambang emas dari daratan China.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6

Laporan Khusus Terbaru

blog comments powered by Disqus