China Tindak Keras Minoritas Islam yang Jalani Puasa Ramadan

Otoritas China telah lama memandang agama terorganisir sebagai ancaman terhadap kesetiaan partai, menjaga kontrol ketat pada semua kelompok agama, tetapi minoritas Muslim di wilayah Xinjiang telah menanggung beban tindakan keras yang jauh lebih agresif.

Alip Erkin, seorang aktivis media dari Buletin Uyghur, mengatakan, meski pembatasan puasa Ramadhan di sekolah dan kantor pemerintah telah ada selama beberapa dekade, pengawasan dan penahanan massal telah meningkat selama tiga tahun terakhir dalam upaya untuk menghentikan keluarga di sana dari mengikuti tradisi Muslim bahkan di rumah mereka sendiri.

Erkin mengatakan orang-orang sekarang khawatir mereka akan dikirim ke kamp-kamp penataran “jika mereka terlibat dalam kegiatan keagamaan atau mengungkapkan identitas agama atau budaya tradisional mereka”.

ABC menghubungi kantor Administrasi Urusan Agama Nasional China untuk memberikan komentar, tetapi belum ada tanggapan. Pihak berwenang China sebelumnya mengatakan, pihak mereka tidak membatasi praktek Ramadhan.

Pada tahun 2016, Dewan Negara China menerbitkan sebuah dokumen berjudul Kebebasan Beragama Beragama di Xinjiang, yang mengatakan “perasaan dan kebutuhan agama warga negara dihormati sepenuhnya”.

Dikuliahi nilai-nilai sosialis

Erkin, yang sekarang tinggal di Australia, mengatakan selama masa sekolahnya, puasa dan berdoa selama Ramadhan tidak dianjurkan.

“Pada tahun 2014, larangan itu semakin intensif,” katanya.

“Mereka mulai mengumpulkan orang-orang di tempat kerja dan sekolah mereka dan memberi mereka makan siang untuk memastikan mereka tidak berpuasa.”

ABC telah menemukan postingan dan pemberitahuan di berbagai situs pemerintah yang berasal dari tahun 2014 dan 2015 yang melarang tradisi puasa dan Ramadhan, dan memeringatkan bahwa setiap restoran yang tutup selama Ramadhan berisiko kehilangan lisensi.

Situs-situs pemerintah itu tampaknya tidak memiliki postingan terbaru yang melarang puasa dan sholat, tetapi para aktivis mengatakan larangan tak resmi bagi pelajar dan pejabat pemerintah tetap diberlakukan di seluruh China.

Tindakan keras terhadap kebebasan beragama di rumah juga telah meningkat selama beberapa tahun terakhir.