Cina Secara Paksa Panen Organ Tubuh Para Tahanan Muslim Uighur

Pada tahun 2014, media pemerintah melaporkan bahwa China akan menghentikan praktik pengambilan organ dari tahanan yang dieksekusi, dan mengatakan akan mengandalkan sistem donasi organ nasional.

Kementerian Luar Negeri China pada Selasa (18/6) tidak dapat segera mengomentari temuan pengadilan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan bersamaan dengan putusan akhir tersebut, pengadilan tersebut mengatakan bahwa banyak dari korban adalah para praktisi Falun Gong—sebuah disiplin spiritual yang dilarang oleh China pada tahun 1990-an dan disebut sebagai “kultus jahat”.

Pengadilan menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa Muslim Uighur—etnis minoritas yang saat ini ditahan dalam jumlah besar di China barat—juga menjadi sasaran.

Pengadilan tersebut diketuai oleh Sir Geoffrey Nice, yang bekerja sebagai jaksa di pengadilan internasional terkait kejahatan yang dilakukan di wilayah bekas Yugoslavia.

“Para praktisi Falun Gong telah menjadi salah satu—dan mungkin sumber utama—pasokan organ,” putusan itu berbunyi, sementara “penganiayaan bersama dan pengujian medis terhadap Uighur lebih baru terjadi”. Akan tetapi, pengadilan mengatakan bahwa skala pengujian medis terhadap Muslim Uighur membuat mereka akhirnya dapat digunakan sebagai “bank organ”.

Pengadilan yang memberikan putusannya di London diprakarsai oleh Koalisi Internasional untuk Mengakhiri Penyalahgunaan Transplantasi di China—koalisi nirlaba yang termasuk pengacara, akademisi, pembela hak asasi manusia, dan profesional medis.