Diskriminasi terhadap Etnis Uighur dan Potensi Energi di Xinjiang

Sebuah rencana energi Dewan Negara yang dirilis pada bulan Juni 2014 mengatakan Xinjiang akan menjadi salah satu dari empat lokasi proyek percontohan untuk mengubah batubara menjadi gas dan bensin. Pabrik batubara-ke-gas eksperimental sudah beroperasi di Xinjiang barat, yang menjadi perhatian para pencinta lingkungan, yang mengatakan proses ini mengeluarkan sejumlah besar karbon dioksida yang menghangatkan planet.

Pabrik-pabrik itu akan membantu Beijing menyediakan energi untuk bagian-bagian padat penduduk di Cina timur sambil memindahkan sumber-sumber penghasil polusi ke barat yang kurang berpenduduk. Lebih banyak gasifikasi batubara akan menghasilkan kabut asap yang lebih berat di Xinjiang dan juga lonjakan emisi karbon dioksida.

Lin, pakar energi, mengatakan memburuknya lingkungan di Xinjiang “tidak bisa dihindari.” Ia mengatakan ia bukan pendukung gasifikasi batubara atau proyek batubara ke bensin karena alasan berbeda – mengingat jumlah sirami proses yang dibutuhkan. Seperti sebagian besar Cina utara, Xinjiang menderita kekurangan air akut.

Polusi hanyalah salah satu konsekuensi dari eksploitasi sumber daya untuk penduduk di kawasan itu, yang pluralitasnya adalah warga Uighur, sebagian besar Muslim, penduduk berbahasa Turki. Kekayaan energi di wilayah ini mengalir terutama ke perusahaan minyak milik negara di Beijing dan ke Partai Komunis, yang didominasi oleh etnis Han. Tahun lalu, Karamay – yang berarti “minyak hitam” dalam bahasa Uighur dan pada tahun 1955, ladang minyak besar pertama Cina ditemukan – memiliki produk domestik bruto per kapita tertinggi di kota-kota Cina daratan.

Kilang PetroChina di sini adalah yang paling menguntungkan perusahaan, kata Zhen Xinping, seorang insinyur senior. Kilang tersebut bahkan mampu memproses enam juta ton minyak per tahun.

Meskipun terjadi booming minyak, kota berpenduduk 400.000 ini sederhana, dan beberapa lingkungan Uighur lebih miskin daripada yang Han. Petani Uighur tinggal di daerah kumuh di mana rumah-rumah kekurangan toilet dalam ruangan. Perusahaan minyak mempekerjakan beberapa orang Uighur, tetapi tidak banyak.

Banyak orang Uighur mengatakan mereka membenci pemerintahan Han dan menuai sumber daya tanah air mereka. Ketegangan etnis dan kelas bisa berkobar di sini, seperti yang terjadi di tempat lain di Xinjiang. Pemberontakan Uighur yang terfragmentasi semakin meningkat di seluruh wilayah, dan ratusan orang telah tewas tahun ini dalam kekerasan etnis, terorisme domestik dan penembakan polisi.

Selama musim panas, pejabat setempat memberlakukan aturan yang melarang orang berpakaian Islami dan janggut panjang naik bus umum dan memerintahkan sopir taksi untuk tidak menjemput mereka.

Meskipun pemerintah mengatakan mengeluarkan peraturan atas nama keamanan, banyak warga Uighur tidak melihat apa pun selain diskriminasi.(end)

Diolah dari artikel Edward Wong, “China Invests in Region Rich in Oil, Coal and Also Strife”
Sudarto Murtaufiq, peneliti senior Global Future Institute