Hersubeno Arief: Hikayat Keledai Di Balik Kisruh Pembebasan Ustadz Ba’asyir

Pilihan atas Ustadz Ba’asyir direncanakan sangat matang untuk menggerus dan sekaligus masuk ke segmen pemilih muslim yang masih tetap menjadi titik lemah Jokowi. Secara kasat mata Jokowi ingin memperkuat pengaruhnya di kalangan umat Islam, sekaligus menghapus stigma bahwa dia melakukan kriminalisasi ulama.

Cawapres Ma’ruf Amin memuji setinggi langit langkah Jokowi sebagai bukti kepeduliannya kepada seorang ulama. “Bukti Pak Jokowi cinta ulama,” puji anggota TKN Ace Hasan Sadzily.

Proyek politik ini juga sekaligus bisa digunakan untuk menghantam kubu Prabowo. Ba’asyir ditahan dan diadili pada masa pmerintahan SBY yang kini menjadi sekutu kuat Prabowo. Harus dilakukan delegitimasi atas SBY.

Jika proyek ini berhasil, kemungkinan Jokowi akan melangkah lebih jauh. Misalnya membebaskan Ustad Alfian Tanjung yang kini di tahan di LP Porong, Sidoarjo. Puncak dari semuanya adalah menerbitkan SP3 dan membebaskan Habib Rizieq Shihab dari semua tuntutan hukum.

Sayang operasi politik ini berantakan di tengah jalan. Jokowi tidak hanya menghadapi penentangan di kalangan pendukung garis kerasnya. Dia juga menghadapi oposisi di dunia internasional.

Jika Jokowi bersikeras melanjutkan pembebasan Ba’asyir, dia bakal kehilangan pemilih yang kecewa karena dinilai bergerak terlalu ke kanan. Merangkul dan mengakomodasi kelompok yang selama ini distigma radikal.

Kelompok pemilih non muslim, abangan, bahkan kaum nahdliyin (NU), dan Islam moderat lainnya dipastikan akan sangat kecewa bahkan marah.