free hit counters
 

Indonesia Harus Waspada Ancaman Teroris Biologi

Redaksi – Selasa, 1 Jumadil Akhir 1441 H / 28 Januari 2020 06:00 WIB

Herawati mengungkapkan, Pemerintah Indonesia bisa mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bioterorisme di kalangan militer, dan meningkatkan kerja sama antara pihak militer dan pemangku kepentingan dalam bidang kesehatan masyarakat

laboratory laboratorium banner

Ada Tiga Kategori Bio-Agents

Saat ini dibawah hukum Amerika Serikat, bio-agen yang telah dinyatakan oleh Departemen Kesehatan (U.S. Department of Health) dan Layanan Manusia atau Departemen Pertanian AS (Human Services or the U.S. Department of Agriculture) memiliki “potensi menimbulkan ancaman berat terhadap kesehatan masyarakat dan keselamatan”, secara resmi telah didefinisikan sebagai “agen pilihan” (select agents).

NAMRU2 Inside

NAMRU2 Lab.

CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dari AS mengkategorikan agen ini A, B atau C, dan mengelola Program Agen Pilihan (Select Agent Program), dengan mengatur laboratorium yang mungkin memiliki, menggunakan, atau mentransfer agen pilih di Amerika Serikat.

Seperti upaya AS untuk mengkategorikan narkoba berbahaya, virus desainer belum dikategorikan dan flu burung H5N1 telah terbukti dapat mencapai kematian yang tinggi berkat komunikasi antar manusia di laboratorium.

1. Kategori A

Agen prioritas tinggi ini menimbulkan risiko bagi keamanan nasional, dapat dengan mudah ditularkan dan disebarluaskan, mengakibatkan kematian yang tinggi, memiliki potensi dampak kesehatan masyarakat yang luas, dapat menyebabkan kepanikan publik, atau memerlukan tindakan khusus untuk kesiapan kesehatan masyarakat. Kategori A ini termasuk:

2. Kategori B

Agen kategori B yang cukup mudah untuk disebarkan dan memiliki tingkat kematian rendah. Yaitu:

3. Kategori C

Agen patogen Kategori C adalah patogen yang direkayasa  dan keberadaannya sengaja untuk penyebaran secara massal (mass dissemination) dan bahan patogen ini mudah produksi juga mudah penyebarannya serta memiliki tingkat kematian yang tinggi, atau memiliki kemampuan untuk menyebabkan dampak kesehatan utama. Diantaranya adalah:



bio-hazard

Daftar Bioterrorism Agents/Diseases (Alpabetical) versi CDC

Sedangkan versi CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dari Amerika Serikat, mengeluarkan Emergency Preparedness and Response berikut daftar Bioterrorism Agents/Diseases berdasarkan alphabetical adalah sebagai berikut:

A

B

C

E

F

G

L

M

P

Q

R

S

T

V

W

  • Water safety threats (e.g., Vibrio choleraeCryptosporidium parvum)

Y

(Sumber: Kompas.com / Nationalgeographic.co.id / wikipedia / cdc.gov / berbagai sumber / editor: IndoCropCircles)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3

Laporan Khusus Terbaru