free hit counters
 

AR Baswedan Kakeknya Anies Dulu Pejuang, Kakekmu Siapa?

Redaksi – Senin, 15 Rabiul Awwal 1442 H / 2 November 2020 05:45 WIB

Eramuslim.com – Sosok kakek dari Anies Baswedan yang bernama Abdurrahman Baswedan ini populer disebut AR Baswedan, Inilah riwayatnya:

AR Baswedan (Jawi: عبدالرحمن باسويدان), dilahirkan di  Surabaya, Jawa Timur, 9 September 1908, dan meninggal di Jakarta, 16 Maret 1986 pada umur 77 tahun. Ini adalah nama populer dari Abdurrahman Baswedan, seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat dan juga sastrawan Indonesia.

AR Baswedan pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sjahrir, Anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), Anggota Parlemen dan Anggota Dewan Konstituante. AR Baswedan adalah salah satu diplomat pertama Indonesia dan berhasil mendapatkan pengakuan de jure dan de facto pertama bagi eksistensi Republik Indonesia yaitu dari Mesir.

Pejuang

AR Baswedan adalah seorang pemberontak di zamannya. Harian Matahari Semarang memuat tulisan Baswedan tentang orang-orang Arab, 1 Agustus 1934. AR Baswedan memang peranakan Arab, walau lidahnya pekat bahasa Jawa Surabaya, bila berbicara. Dalam artikel itu terpampang foto Baswedan mengenakan blangkon. Ia menyerukan pada orang-orang keturunan Arab agar bersatu membantu perjuangan Indonesia. Ia mengajak keturunan Arab, seperti dirinya sendiri, menganut asas kewarganegaraan ius soli: di mana saya lahir, di situlah tanah airku.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Laporan Khusus Terbaru