Jatuhnya Kabul, Lonceng Kematian Simbolis dari Eksepsionalisme dan Ekspansionisme AS

Eksapansionisme AS setidaknya bisa kita cermati dimana pada tahun 1820, AS telah melampaui batas aslinya. Melalui Pembelian Louisiana tahun 1803 dan perjanjian dengan Spanyol dan Inggris, perbatasan negara bergerak ke barat ke Pegunungan Rocky, utara ke paralel ke-49, dan selatan ke Florida dan Teluk Meksiko. Batas-batas ini pada dasarnya tetap utuh sampai tahun 1840-an, ketika AS memperoleh wilayah besar di Barat Daya dan di Pantai Pasifik.

Faktor-faktor politik, sosial, dan ekonomi memicu sentimen ekspansionis AS pada tahun 1840-an. Banyak orang AS menganut konsep “Manifest Destiny”, keyakinan bahwa Tuhan telah menetapkan AS untuk menduduki sebanyak mungkin daratan di benua itu. Sebagian melihat peluang ekonomi yang menguntungkan di hamparan luas tanah subur dan pelabuhan Pantai Pasifik yang luar biasa. Yang lain memimpikan romansa menyelesaikan medan yang belum dipetakan, atau berpikir AS harus berkembang pesat melintasi benua sebelum negara-negara asing dapat melakukannya. Kerinduan ekspansionis ini memicu pemukiman AS di Texas dan Oregon, yang akuisisinya menjadi objek utama kebijakan luar negeri Amerika pada tahun 1845.

Jelaslah bahwa setiap bangsa memiliki tujuan dan kekhususan subjektif yang unik. Inilah yang pada akhirnya menentukan dan menempatkan negara – secara geo-strategis – dalam sistem dunia. Orang Vietnam, secara objektif, hanyalah bangsa lain di Dunia Ketiga. Namun, perlawanan terorganisir yang tangguh yang dipasang terhadap supremasi planet AS yang tidak perlu dipertanyakan lagi adalah karakteristik subjektif dan khusus Vietnam yang mencolok pada waktu itu.

Terlepas dari korban manusia yang sangat besar di Vietnam, perang udara dan darat AS yang brutal selama lebih dari satu dekade tidak dapat mengalahkan perlawanan. Setidaknya tidak bisa secara militer.

Namun, berbicara secara politis – pesan Washington dikirim, keras dan jelas. Jika sebuah negara di Dunia Ketiga, atau Global South, tidak tunduk pada grand design AS untuk dunia, hal itu akan dibayar dengan harga yang mahal. Vietnam benar-benar hancur oleh pemboman karpet besar-besaran yang berkelanjutan dari tahun ke tahun.

Dominasi global AS akan terus menampakkan dirinya dalam kudeta dan perang proksi yang terus dilakukan Amerika – berhasil dalam hal ambisi imperiumnya – selama beberapa dekade mendatang. Namun, yang perlu dicermati bersama bahwa “Sindrom Vietnam” tidak berarti mengurangi intervensi global AS.

Menjadi persoalan lain ketika kita dapati skenario Saigon pada tahun 1975 dan Kabul pada tahun 2021 sangat mirip, terlepas dari perbedaan ideologis yang cukup besar dari kekuatan politik pribumi yang terlibat. “Penghinaan” total terhadap AS dalam kedua kasus itu terlalu gamblang. Namun demikian, ada perbedaan penting: kedua peristiwa itu terjadi dalam konteks global yang sangat berbeda. Dan itu telah menentukan cara Taliban merebut kembali Afghanistan sekarang.