Jenderal Yoga Tentang Sikon Menjelang G30S (2): Senam Revolusioner

Hal lain yang menimbulkan banyak pertanyaan di kalanganmasyarakat adalah pernyataan yang dilontarkan oleh tokoh-tokoh PKI, bahwa “Ibu Pertiwi sudah hamil tua, yang akan segaramelahirkan satu kekuatan baru.”

Beberapa waktu sebelumnya, tepatnya pada Hari Ulang TahunPKI yang ke 45 tanggal 23 Mei 1965, Bung Karno secara berapi-apiberpidato, “Saya sebagai Pimpinan Besar Revolusi dan Mandataris MPRS merangkul PKI. Sebab, siapa yang bisa membantah, bahwa PKIadalah unsur yang hebat di dalam penyelesaian revolusi Indonesia. PKI menjalar menjadi kuat. PKI kini beranggotakan tiga juta orang,simpatisannya 20 juta. Apa sebabnya PKI sampai demikian? Ialahkarena PKI adalah konsekuen progresif revolusioner. Saya berkata, PKI ya sanakku, ya kadangku, yen mati aku melu kelangan “ (ed. PKIitu adalah saudaraku, ya kerabatku, kalau mati aku ikut kehilangan).

Dalam suasana yang penuh dengan hawa panas perang urat syaraf serta rekayasa opini seperti itu, Yoga menjalankan tugasnyamelakukan misi intelijen. Khusus mengenai masalah penyelesaiankonfrontasi dengan Malaysia, pelaksanaan lapangan lebih banyakdilakukan oleh Ali Moertopo yang dibantu sejumlah perwira lainnya.Tim operasional yang dipimpin Ali Moertopo melibatkan berbagaikalangan, baik militer, pengusaha dan eksponen antikomunis lainnya. Usaha yang dilakukan secara sangat berhati-hati itu akhirnya bisa menjalin kontak dengan kalangan resmi di Malaysia melalui beberapa orang Indonesia yang tinggal di Malaysia dan Singapura. Ada sejumlah tokoh sipil Indonesia yang bersembunyi di kedua negara itu setelah peristiwa pemberontakan PRRI. Dengan mereka kontak-kontak pun dijalin.

Sejumlah pertemuan berhasil dilakukan dengan pihak tertentu di Malaysia yang juga menginginkan perdamaian dengan Indonesia. Kalangan resmi Malaysia itu di bawah kendali Wakil Perdana Menteri Tun Abdul Razak.

Langkah-langkah Soekarno

Kecurigaan Presiden Soekarno kepada para jenderal yang tidak loyal tampaknya semakin besar akibat gosokan orang-orang disekelilingnya. Hal tersebut terbukti dengan serangkaian pertemuanyang diselenggarakan Presiden dengan para pembantunya untukmembahas masalah tersebut.