Kemiskinan di Amerika Meluas

Sejak itu, ia menciptakan “Fifth Ave. Club ”dengan anggota hardcore. Dia telah memanfaatkan keinginan kelas menengah yang terabaikan. Sekelompok orang yang mati-matian berusaha untuk dikaitkan dengan kemuliaan minoritas kaya di Amerika seperti halnya para petani abad pertengahan yang menyembah Raja dan Ratu mereka yang agung di Eropa. Mereka memandang Trump sebagai “Pemimpin Terpilih Dewa” mereka dengan kebijaksanaan untuk “Membuat Amerika Hebat Lagi”.

Tepat setelah pemilu 2016, Partai Demokrat yang menentang realitas politik baru memainkan trik kotornya sendiri. Mereka tanpa lelah melakukan segala sesuatu untuk mencemarkan nama baik Trump sebagai “aset Rusia” sambil mendukungnya dengan sepenuh hati pada pemotongan pajak untuk orang kaya dan meningkatkan anggaran militer. Demokrat pada dasarnya setuju dengan Presiden Trump untuk membatasi hak-hak demokratis dan memerintah sebagai negara polisi atas nama “Keamanan Nasional”. Setelah “Laporan Mueller” yang gagal, Partai Demokrat menyulut hikayat “impeachment” dengan harapan bisa menduduki Gedung Putih segera tanpa partisipasi rakyat Amerika. Mereka menginginkan kudeta kongres yang damai, transformasi kekuasaan tanpa menghasut orang-orang yang bekerja.

Ketika kisah impeachment berkobar setiap hari, keluarga pekerja keras di AS menyaksikan transformasi pemerintahan mereka dari “demokrasi” ke masa depan yang tidak diketahui. Jika kepemimpinan Partai Demokrat berhasil dalam upaya impeachment mereka, maka sayap militer kelas penguasa akan berkuasa yang berpotensi menyeret pada konfrontasi militer yang berbahaya dengan “musuh” lama mereka seperti Rusia. Partai Demokrat yang menang setelah pertempuran pemakzulan akan memberi para penghasut perang kesempatan unik untuk mengadvokasi solusi militer sebagai satu-satunya solusi untuk masalah Amerika.

Dengan strategi ini, “partai” perang akan menuntut dukungan tanpa syarat dan kepatuhan dari rakyat pekerja dengan menyerang hak-hak demokratis mereka atas nama “Keamanan Nasional”. Suatu periode dimana para pembangkang akan dicap sebagai “aset Rusia” dan McCarthyism dilepaskan karena penganiayaan dan perburuan penyihir yang kejam. Di sisi lain, jika upaya impeachment gagal, rakyat Amerika akan menyaksikan periode “aturan hukum dan ketertiban” yang ekstrem oleh Presiden lalim. Sebuah masa kelam dalam sejarah Amerika bahwa jutaan orang yang sadar akan dibungkam, dipenjara atau hanya binasa oleh represi politik yang keras dan gaya Fasisme Amerika.

Memang, fasisme memiliki definisi politik konkretnya sendiri. Trump mewakili versi Fasisme di Amerika. Bangkitnya Trump dan Trumpisme ke tampuk kekuasaan di AS terbentuk dalam keadaan politik dan ekonomi yang berbeda dengan Mussolini di Italia, Hitler di Jerman atau Franco di Spanyol. Trumpisme adalah bayi baru lahir prematur dari Fasisme. Trump terpilih sebagai presiden dan sekarang ia ingin mengambil kesempatan ini dan memerintah sebagai pemimpin absolut. Kendala utama Trumpisme adalah Buruh Amerika. Mayoritas pekerja di AS siap untuk memerangi segala bentuk aturan reaksioner. Mereka sedang bangkit kembali setelah beberapa dekade mengalami kemunduran yang harus mereka tanggung sejak Presiden Reagan berkuasa.

Namun, terlepas dari Presiden yang berpikiran Fasis dengan perwakilan GOP yang tidak kompeten dan kepemimpinan Demokrat yang ilusif, rakyat Amerika berjuang secara mandiri untuk memperjuangkan hak-hak mereka sebagai pekerja, petani, guru, murid, imigran dan minoritas pada umumnya. Peningkatan 99% di AS pada tingkat ini sungguh luar biasa. Memahami gelombang baru adanya perlawanan pekerja di AS tentu memerlukan cermatan dan penyelidikan latar belakang sosial, politik, dan ekonomi.

Negara-negara Kapitalis utama mengalami resesi atau pindah ke sana. Ekonomi AS sebagai ekonomi dunia yang paling kuat juga tidak kebal dari krisis ini. Bahkan para ekonom Amerika yang paling optimis pun mengakui bahwa ekonomi AS berada pada “risiko” atau “ujung” resesi. Joshua Green dari Bloomberg Business Week menunjukkan hal itu.

“Risiko nyata yang dihadapi kepresidenan Donald Trump … adalah kemungkinan bahwa suasana pesimisme ekonomi saat ini dapat mengintensifkan dan mendorong negara itu ke dalam resesi besar-besaran”.

Tentu saja perang dagang Trump telah mengakhiri harapan untuk “mencapai stabilitas ekonomi global” yang diharapkan oleh para kapitalis di seluruh dunia dalam pertemuan G20 terakhir. Di AS, ekonomi riil merusak pertumbuhan pasar saham. Para elit keuangan gugup mengantisipasi krisis lain yang bahkan lebih parah dari 2008. Presiden Obama setelah Presiden Bush, menghadapi krisis ekonomi 2008, berdiri di belakang orang-orang yang bekerja di Amerika untuk menyelamatkan bank-bank yang gagal.

Media komersial pada waktu itu memuji Obama sebagai pahlawan dan penyelamat yang membalikkan resesi! Namun pada tahun 2019, ekonomi AS sedang menghadapi resesi lain tetapi kali ini di bawah kepemimpinan Gedung Putih yang kacau dan tidak seperti yang ditunjukkan Obama. Situasi aneh ini memberi pekerja dan petani Amerika kesempatan untuk membalikkan resesi yang tertunda menjadi tahap ekonomi baru yang makmur – prospek ini hanya mungkin terjadi jika kepemimpinan yang sadar dan revolusioner mampu mendapatkan kepercayaan mayoritas pekerja di AS.

Pekerja dan petani – dengan atau tanpa resesi yang akan datang – sudah menentang langkah penghematan 1%, memperjuangkan upah hidup dan kondisi sosial. Mereka menyadari perjuangan mereka adalah fenomena global. Jutaan orang yang bekerja di seluruh dunia dari Chili, Haiti, Catalonia, Prancis, Inggris, Hong Kong, Aljazair, Libanon, Ekuador, Maroko, Mesir, Rusia, Irak dan banyak lainnya di jalanan menentang status quo di negara mereka.

Mereka melawan bukan dalam hitungan hari tetapi dalam beberapa minggu dan bulan yang merupakan fenomena baru dalam perjuangan kelas. Pekerja dan guru mobil Amerika sudah bergabung dengan gerakan internasional ini meskipun ada bos-bos konspirator mereka. Kepemimpinan kekuatan-kekuatan produktif di Amerika yang tak kenal kompromi yang terdiri dari para pekerja dan petani adalah satu-satunya kekuatan yang mampu memerangi dan mengalahkan kekuatan-kekuatan destruktif dari kepemimpinan fasis Partai Republik dan Partai Demokrat.

Namun skenario yang paling dahsyat yang dihadapi manusia pada umumnya, di samping konsekuensi serius dari perubahan iklim adalah kemungkinan terjadinya perang dunia nuklir ketiga. Tanpa industri perang yang kuat, ekonomi AS akan runtuh dalam sekejap. Berjuang untuk perdamaian adalah dan harus menjadi perhatian utama bagi semua orang yang berpikiran demokratis.

Sudarto Murtaufiq, peneliti senior Global Future Institute Jakarta

(sumber: GFI)