free hit counters
 

Koperasi Sengaja Dihabisi di Negeri Ini

Redaksi – Kamis, 5 Jumadil Awwal 1441 H / 2 Januari 2020 11:00 WIB

Eramuslim.com – Koperasi itu tidak hanya sebuah modus operandi atau alat untuk membangun bisnis. Tapi juga bertujuan untuk menciptakan kedaulatan dan keadilan ekonomi bagi masyarakat.

Jadi wajar kalau beberapa gelintir orang kaya, para kapitalis itu tidak menginginkan koperasi berkembang di Indonesia karena nanti perusahaan mereka tidak dapat lagi berkembang dan tidak dapat lagi menindas masyarakat.

Bagaimana kedaulatan ekonomi itu dicapai?. Bagaimana keadilan itu dicapai?. Ini tergambar dari asas kerja koperasi.

Dari sisi kedaualatan, ini dijamin dengan cara berikan satu orang satu hak suara. Artinya setiap orang itu memiliki kedaulatan yang sama dibandingkan dengan yang lainya. Tidak ada yang dominan.

Tidak seperti dalam cara kerja sistem bisnis kapitalis perseroan misalnya. Dimana siapa yang memiliki saham (modal) terbesar maka mereka  yang paling menentukan keputusan perusahaan.

Begitu kita dirikan bisnis koperasi maka setiap orang haknya sama dalam menentukan keputusan perusahaan. Mau modalnya banyak atau sedikit hak suaranya sama dalam pengambilan keputusan perusahaan. Inilah kedaulatan koperasi, kedaualatan rakyat itu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

loading...

Laporan Khusus Terbaru