Koperasi Sengaja Dihabisi di Negeri Ini

Bagaimana dengan sisi keadilanya?. Keadilan koperasi dijalankan dengan cara memberikan keuntungan sesuai dengan besarnya partisipasi mereka. Bukan didasarkan pada asumsi pemilikan saham saja tapi juga berikan keuntungan kepada siapapun yang berikan kontribusi keuntungan bagi perusahaan.

Siapa saja mereka? Konsumen, pekerja, juga produsen atau mereka yang jadi pensuplai koperasi.

Contoh kongkritnya begini. Jika kita dirikan satu toko koperasi maka si konsumen itu juga bisa jadi pemilik. Mereka yang belanja lebih banyak di toko maka mereka berhak atas keuntungan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah belanja di toko milik sendiri.

Mereka yang bekerja maupun supliernya juga begitu. Siapa yang bekerja dan suplai produk lebih banyak untuk sunbang keuntungan perusahaan maka akan mendapatkan bagian keuntungan atau manfaat lebih banyak. Bukan karena atas dasar babyaknya investasi modalnya saja yang lebih banyak di koperasi.

Bagaimana cara membaginya ini diputuskan dalam aturan main koperasi yang diputuskan dalam rapat anggota koperasi mereka. Dalam forum kekuasaan tertinggi koperasi ini.

Jadi mekanismenya begini. Mereka para konsumen, pekerja dan suplier atau produsen itu bertemu dan mengambil keputusan mengenai garis garis umum kebijakan perusahaan. Mereka mengangkat pengurus yang merupakan orang-orang yang dipilih oleh anggota melalui forum rapat anggota untuk menterjemahkan semuanya.

Kalau pengurus-pengurus itu tidak dapat menjalankan tugas keseharian karena kesibukanya masing-masing maka mereka mengangkat manajer dan staf yang bertugas untuk menjalankan semua keputusan perusahaan dan berikan pelayanan kepada anggota dan masyarakat. Mereka hanya bertanggubgjawab kepada pengurus dan kinerjanya dievaluasi oleh pengurus.

Seperti dalam perusahaan biasa. Komisaris itu seperti pengurus yang merupakan perwakilan dari pemilik saham yang banyak. Lalu komisaris mengangkat direksi atau manajer dan staf untuk menjalankan kebijakan perusahaan, program kerja dan target.