Manuver Erdogan dan Ikhwanul Muslimin, Wujudkan Neo-Ottoman?

Kebijakan Neo Ottoman/Pan-Islamis Erdogan memiliki risiko dampak ekonomi. Misalnya, Turki memiliki perjanjian perdagangan bilateral senilai 23 miliar dolar dengan China.

Erdogan telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memperjuangkan penderitaan Muslim Uighur di bawah penindasan pemerintah China.

Diperkirakan satu juta Muslim Uighur dilaporkan telah dituntut dan ditahan di ‘kamp pendidikan ulang’ untuk memaksa mereka melepaskan keyakinan mereka.

Turki memimpin kampanye politik besar-besaran pada Februari 2019 untuk menggalang dukungan Muslim untuk Uighur.

Turki menampung ribuan Muslim Uighur dan sejak 2014 mengeluarkan dokumen perjalanan bagi mereka untuk memasuki Turki. Erdogan menyamakan penderitaan Uighur dengan ‘genosida’ pada 2009.

photo

Militer Turki – (AP)

Tetapi dihadapkan dengan kehilangan China sebagai mitra ekonomi utama, Erdogan mengubah nada bicaranya dan mengatakan kepada Presiden China Xi Jinping bahwa minoritas di provinsi Xinjiang di China rumah bagi banyak Muslim Uighur yang hidup bahagia. Sementara video rahasia baru-baru ini menunjukkan ribuan orang Uighur China duduk dengan mata tertutup dan dengan tangan terikat di belakang punggung di kamp penahanan dan ‘pendidikan ulang’ China.