free hit counters
 

Masjid Babri Jadi Kuil Rama: Langkah Modi Ubah India Jadi Republik Hindu Baru?

zahid – Jumat, 7 Agustus 2020 10:15 WIB

Eramuslim –  Dalam beberapa hari terakhir mau tidak mau perhatian kaum Muslim memang beralih ke India, terkait soal peletakan batu pertama pembangunan kuil dewa Rama di lahan masjid Babri di Ayodha oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Perhatian mengarah ke sana setelah sepekan sebelumnya perhatian kaum Muslim tertuju ke Istanbul, Turki, karena Hagia Hosphia dikembalikan fungsinya sebagai museum ke masjid oleh Presiden Erdogan.

Terkait soal pembangunan kuil ini pun sama kasusnya dengan Turki yang dituduh akan kembali ke akar Ottoman yakni Islam, kini pun mulai banyak orang bertanya: apakah India akan menjadi negara republik yang baru. Maksudnya, tidak lagi sebagai sebuah negara sekuler seperti ketika diproklamasikan? Atau kembali kepada cita-cita azas yang lama sudah mengendap di benak banyak orang sejak perjuangan kemerdekaan dari Inggris di sana: India adalah Hindu! Apalagi soal sensitif ini dalam sejarahnya telah membelah India secara menyakitkan melalui konflik dan perang menjadi dua negara: yakni India dan Pakistan.

Terkait pertanyaan itu ada sebuah tulisan yang menarik dari laman aljazeera.com untuk membahasanya. Artikel ini ditulis oleh Valay Singh dengan judul: “As Modi launches Ram temple construction, fears of ‘new republic’ (Saat Modi meluncurkan pembangunan kuil Dewa Rama, kekhawatiran akan ‘republik baru’). Dia menyoroti soal kebijakan pemimpin nasionalis Hindu meluncurkan pembangunan kuil kontroversial di tengah kekhawatiran India kehilangan sekularisme.

Tulisan tersebut selengkapnya begini:

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5 6

Laporan Khusus Terbaru