Membludaknya Hijrah Fest: Milenial Tak Peduli Islam?

Tak kurang ustadz-ustadz ternama, mulai  Ust Bahtiar Nasir, KH Abdullah Gymnastiar, Ust Salim Fillah, Ust Oemar Mitha, hingga ustadz yang dekat dengan komunitas anak-anak muda Ust Hanan Attaki dihadirkan.

Kejutan pertama adalah tiket yang dijual tak murah itu telah ludes terjual beberapa hari sebelumnya. Dan ini adalah fenomena baru di kalangan M Generation (milenial muslim) di Indonesia. Untuk hadir dalam kajian dakwah yang tidak dihelat di masjid, melainkan di convention center, mereka rela membeli tiket dan banyak yang tidak mendapatkannya!

Kejutan kedua, pintu masuk JCC dipisahkan antara pintu laki-laki dan perempuan dengan bertuliskan “Batas suci, alas kaki harap dilepas”. Seumur-umur baru sekali ini saya ke JCC dan harus melepas alas kaki.

photo

Para pengunjung bertepuk tangan dengan menggunakan bahasa isyarat saat komunitas tuli berada di atas panggung hijrah fest di Jakarta Convention Center, Ahad (11/11).

Di dekat pintu masuk, terlihat berderet booth sponsor utama gelaran ini. Mereka membagikan goodie bag yang dikemas dalam tas yang bisa digunakan untuk menyimpan alas kaki. Jangan bayangkan sepatu dan sandal ditenteng dengan tas kresek hitam. Tas sandal yang dibagikan keren-keren bertulis logo acara dan brand mereka.