free hit counters
 

Mengungkap Jaringan Spionase China: Dari Tawarkan Jabatan Hingga Perempuan

Redaksi – Jumat, 10 Juli 2020 06:05 WIB

Eramuslim.com – Kontroversi terbaru yang menyelimuti perusahaan telekomunikasi China, Huawei, menyoroti dunia gelap spionase China, perekrutan agen dan program ambisius untuk menebarkan pengaruhnya di seluruh dunia.

Berapa luas jaringannya, bagaimana cara kerjanya dan siapa yang menjalankannya?

Sebuah dokumen yang dilaporkan disusun dengan bantuan seorang mantan mata-mata agen rahasia Inggris, MI6, menuding China berusaha memanipulasi sejumlah figur penting Inggris, termasuk para politikus, untuk mendukung bisnis raksasa telekomunikasi tersebut di Inggris.



Setiap perusahaan besar China di mana pun beroperasi di dunia diduga menempatkan “sel” di dalamnya, yang bertanggung jawab kepada Partai Komunis China yang berkuasa, untuk melenggangkan agenda politik dan memastikan bahwa perusahaan itu mematuhi perintah politik.

REUTERS

Itulah sebabnya para ahli masalah China menegaskan bahwa Partai Komunis China memang beroperasi di Inggris, sering kali berkedok bisnis.

“Mesin partai ada di mana-mana,” jelas seorang ahli masalah China, seraya menambahkan, “Bagi China, bisnis tak bisa dipisahkan dari politik.”

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Laporan Khusus Terbaru