free hit counters
 

Mungkinkah Ada Cina dan HAM di Balik Kerusuhan Wamena?

Redaksi – Selasa, 11 Rabiul Akhir 1441 H / 10 Desember 2019 14:30 WIB

Eramuslim.com – “Kerusuhan massa dan pola penghancuran wilayah di Wamena kemarin hampir mirip dengan modus bumi hangus dalam perang total yang lazim digunakan oleh militer. Ini temuan di TKP. Maka analisa apapun, atau kajian terkait konflik Wamena serta menebak siapa di balik kerusuhan sosial tersebut, niscaya akan mengait pada sebuah manuver militer. Entah dalam hal ini pola dan modus militer dari negara mana. Ini bukan tuduhan, tetapi hanya analisa awal berbasis geopolitik“.

Asumsi Geopolitik

Bagi peminat dan pembelajar geopolitik seperti saya, judul catatan kecil ini selain menukik, ujug-ujug, mungkin juga menggelitik benak para pembelajar. Mengapa ada Cina? Mungkin bisa dimaklumi terkait OBOR atau BRI-nya Cina di Pasifik Selatan. Lain waktu kita ulas. Lantas, siapa HAM? Apa dan mengapa kelompok HAM dimaksud?

 (Photo by Indra Thamrin Hatta / AFP) (Photo credit should read INDRA THAMRIN HATTA/AFP/Getty Images)

Prolog ini hanya mengurai fakta dan data, kemudian menerangkan berbasis geopolitik. Belum memiliki akurasi serta tak ada maksud untuk pembenaran (ataupun menggurui), apalagi mengklaim sebagai sebuah kebenaran. Karena keterbatasan wawasan dan sedikit referensi yang dimiliki penulis, catatan ini terbuka untuk kritik, diskusi dan saran, terutama masukan para pihak-pihak yang berkompeten nantinya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Laporan Khusus Terbaru