free hit counters
 

Paus Benediktus XVI: Penanggalan Hari Natal dan Tahun Baru Masehi Itu Salah

Redaksi – Rabu, 26 Rabiul Akhir 1441 H / 25 Desember 2019 05:00 WIB

Jesus_of_Nazareth_The_Infancy_Narratives_by_Pope_Benedict_XVI_3_CNA_Vatican_Catholic_News_11_15_12Eramuslim.com – Pimpinan tertinggi umat Kristen Katolik sedunia sebelum Paus Fransiskus, yaitu Paus Benediktus XVI pernah menegaskan jika seluruh sistem penanggalan Masehi itu salah. Sebab itu, Yesus sesungguhnya tidak lahir pada 25 Desember dan Tahun Baru pun salah hari. “Kesalahan” itu dilakukan oleh seorang rahib abad ke-6 Masehi bernama Dionysius Exiguus atau juga dikenal sebagai ‘Dennis the Small’. Itu diucapan Paus Benediktus XVI dalam buku “Yesus of Nazareth: The Infancy Narratives” yang dirilis pada Novemmber 2012.

“Perhitungan awal dari kalender kita –berdasarkan pada kelahiran Yesus– dibuat oleh Dionysius Exiguus, yang membuat kesalahan dalam perhitungannya sebanyak beberapa tahun,” tulis Paus, yang mencetak perdana bukunya sebanyak satu juta eksemplar untuk dijual ke seluruh dunia.

“Tanggal lahir Yesus yang sebenarnya lebih awal beberapa tahun,” tulisnya dibuku itu, sebagaimana dikutip The Telegraph.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Tahukah Anda Terbaru