Penguasa Arab Gunakan Uang Untuk Menyumpal Kerusuhan

Semejak awal krisis Tunisia, publik Arab bergolak. Negara-negara di seluruh wilayah itu mengumumkan serangkaian tambahan subsidi dan keringanan pajak, baik sebelum dan sesudah keberangkatan Presiden Zein al-Abidine Ben Ali ke luar negeri pekan lalu.

Tunisia sudah menyebarkan ruam di kalangan otokrat Timur Tengah; potensi pemberontakan bersejarah Tunisia memberanikan rakyat Arab di negara-negara lain. Hisham Kassem, sebuah penerbit Mesir dan komentator, mengatakan bahwa rezim represif, yang selama bertahun-tahun lamanya bergantung pada ketenangan publik mereka, telah menyuntikkan "obat dalam dosis besar." “Ada kekhawatiran serius di negara-negara dengan kondisi yang sama [dengan Tunisia]," repet Kassem. "Langkah-langkah yang telah kita lihat ini benar-benar menjadi sesuatu."

Di Yaman misalnya, pada Selasa mengatakan bahwa mereka memotong pajak bisnis dan individu, sementara minggu lalu Jordan mengurangi harga bensin, minyak tanah dan diesel. Libya telah mengumumkan langkah-langkah untuk mengurangi kenaikan harga makanan, sementara Mesir telah memberi sinyal untuk meningkatkan subsidi gandum, gula dan biaya sayuran. Melihat gerak pararel seperti ini, jelas bahwa para penguasa Arab benar-benar ketakutan.

Namun, analis mempertanyakan daya tahan dari pendekatan ini—terutama di negara-negara yang memiliki populasi yang besar dan tidak punya pemasukan dari minyak. Sultan Al Qassemi, seorang komentator Emirati terkemuka, mengatakan: "Sejalan meningkatnya populasi, banyak pemerintah (Arab) yang tidak akan mampu mensubsidi semua barang, dan ini jelas akan menjadi titik balik ketika subsidi tidak dapat dilanjutkan, karena ada perbedaan antara apa yang diinginkan pemerintah, dan apa yang bisa mereka lakukan. " Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya biaya hidup memicu demonstrasi di dunia Arab, baik yang telah dijanjikan ataupun endapan perubahan politik.

Tunisia, Mesir, Maroko, Aljazair dan Yordania—negara-negara yang paling rawan pengawasan keamanannya—tentu tak akan pernah melupakan kejadian tahun 1970-an dan 1980-an ketika harga pangan, terutama roti, naik. Pemberontakan Tunisia terhadap Ben Ali bulan ini—dan demonstrasi yang lebih sederhana di tempat lain di dunia Arab—telah menyoroti membawa orang ke jalan-jalan karena kenaikan harga itu.

Marios Maratheftis, kepala daerah penelitian di Standard Chartered Bank, mengatakan: "Dari segi ekonomi hal yang masuk akal untuk dilakukan untuk mengurangi subsidi adalah mengurangi fiskal pemerintah dan distorsi ekonomi.

"Tapi di Teluk, negara-negara di Timur Tengah memiliki produk domestik bruto per rasio yang rendah, dan pemotongan subsidi pada saat-saat kondisi ekonomi seperti sekarang ini membawa risiko kerusuhan."

Subsidi menjadi perdebatan bahkan di Teluk yang kaya minyak, di mana tradisional secara tradisional dipandang sebagai bagian dari harga yang harus dibayar oleh penguasa turun-temurun untuk otoritas kelangsungan kekuasaan mereka. Kuwait minggu ini mengatakan semua warga akan menerima hibah KD 1,000 ($ 3550) dan makanan gratis selama 13 bulan untuk merayakan peringatan 50 tahun kemerdekaan dan juga menandai dua hari peringatan lainnya. Di bidang energi, sementara orang Eropa harus membayar sekitar $ 6 untuk satu galon bensin, penduduk Uni Emirat Arab hanya membayar $ 1,57 per galon, Saudi sebesar $ 0,91 dan Kuwait $ 0,78, menurut survei AirInc pada bulan Juni lalu. Air dan listrik sama-sama murah.

Tampak jelas, pemotongan ini akan semakin identik dengan warga negara Teluk, namun ini akan jadi pertaruhan terakhir bagi pemerintah Arab yang memperdagangkan partisipasi politik mereka. Seperti kata seorang ekonom, "Konsolidasi kekuasan dilakukan dengan penyebaran pekerjaan, harga sewa, dan kekayaan. Dan selama para syeikh (Arab) mengontrol kekayaan minyak, rakyat menuntut sesuatu sebagai balasannya." (sa/islampolicy)