Perang Hibrida Cina di Laut Cina Selatan dan Taiwan

Cina, karena juga kemampuan historisnya untuk melakukan perang asimetris, seperti yang dibuktikan selama perang saudara dan selanjutnya, menjadi aktor penting dalam mengerahkan kemampuan perang hibrida.

Wilayah di mana peran Beijing menjadi sentral adalah: aksi maritim Tiongkok di Laut Cina Selatan; Diplomasi Cina; dan akhirnya, doktrin perang cyber Beijing.

Doktrin maritim Tiongkok telah berkembang pesat dalam dua puluh tahun terakhir, memungkinkan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat

(RENCANA) untuk memperoleh alat teknologi baru dan kemampuan militer. Kekuatannya, ditambah dengan tujuan Beijing untuk memperluas jangkauan geopolitiknya di seluruh Laut Cina Selatan, menjadikan RENCANA alat yang hebat untuk meningkatkan ketegasan regional Cina.

Namun, untuk mencapai tujuan geopolitik ini, sejak 2014 Beijing juga sangat bergantung pada apa yang disebut milisi maritim (海上 民兵 – haishang mingbing), yang tujuan utamanya adalah melecehkan angkatan laut negara lain yang transit melalui Laut Cina Selatan.

Disebut juga pria biru kecil (dalam kaitannya dengan pria hijau kecil Rusia, misalnya pasukan khusus Moskow yang dikerahkan di Krimea), milisi maritim Cina mewakili simbol par excellence doktrin perang hibrida Tiongkok karena menggabungkan kedua operasi militer konvensional (ketika beroperasi bersama-sama dengan angkatan laut) dan yang tidak konvensional (ketika, menyamar sebagai nelayan Cina, mereka menyerang kapal-kapal lain yang melintas atau beroperasi di Laut Cina Selatan).