Perang Hibrida Cina di Laut Cina Selatan dan Taiwan

Untuk apa yang menyangkut SCS, Cina terus bergeser dari operasi konvensional – seperti bentrokan militer dengan Vietnam (1974) dan Filipina (2012) – ke yang tidak konvensional – sebagaimana dibuktikan di atas oleh pembangunan pulau-pulau buatan serta paramiliter nelayan operasi – dengan tujuan memberikan tekanan psikologis pada musuh-musuhnya.

Pada saat yang sama, untuk mempengaruhi opini publik secara luas, Beijing terus menggunakan narasi sejarah, yang ditampilkan melalui media, untuk membenarkan sikapnya di Laut Cina Selatan.

Dan akhirnya, hanya untuk mengutip kasus yang ada, perselisihan hukum antara Cina dan Filipina pada 2016 atas Scarborough Shoal, yang berakhir dengan kebaikan Filipina, masih memotivasi Beijing untuk mendorong reformasi sistem hukum internasional.

Dengan mengikuti pola strategis yang sama, Beijing juga menargetkan Taiwan. Pada tingkat psikologis, Cina terus mengancam Taipei dengan invasi militer jika pulau itu secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaan formal dari Beijing.

Untuk mempengaruhi opini publik yang mendukung kembalinya pulau itu ke Cina, Beijing menyebarkan berita palsu untuk merusak agenda politik Tsai Ing-wen; kekalahan politik terbaru dari DPP selama pemilihan lokal 2018 November juga bisa dibaca melalui lensa ini.

Dan akhirnya, pada tingkat hukum, Cina terus-menerus menekan pulau itu untuk memastikan bahwa Konsensus 1992 (sebuah dokumen yang ditandatangani oleh kedua pihak yang mengakui keberadaan satu Cina yang diwakili oleh Beijing) terus dihormati.

Terakhir, komponen mendasar dari perang hybrid diwakili oleh adopsi perang cyber. Cina telah mengembangkan pendekatan holistik untuk itu.

Secara khusus, dan sejalan dengan pengalaman revolusionernya di masa lalu, pemerintah telah mempromosikan penciptaan unit prajurit cyber yang secara langsung terdiri dari mahasiswa dan warga sipil pada umumnya.

Ini menanggapi dua prinsip strategis Tiongkok yang mendasar: doktrin perang rakyat (人民 战争 – renmin zhanzheng) dan fusi sipil-militer (军民 融合 – junmin ronghe).

Yang pertama mengacu pada gagasan bahwa populasi yang lebih luas dapat dimobilisasi untuk operasi perang terutama melalui kampanye ideologis, yang pada gilirannya memicu komitmen kuat untuk melindungi kedaulatan Partai Komunis.

Elemen kedua, terhubung dengan yang pertama, dan secara langsung menanggapi prinsip perang hibrida, menyangkut kebutuhan untuk memperoleh fleksibilitas militer yang lebih tinggi dan lebih canggih.

Salah satu instrumen untuk mencapainya adalah dengan menggabungkan wilayah sipil dengan militer. Ini berarti memiliki perusahaan besar atau industri yang berafiliasi langsung dengan pemerintah dan oleh karena itu dunia militer. Kasus Huawei relevan, karena merupakan raksasa telekomunikasi dan mitra militer.

Maka, perang hibrida Cina, sesuai dengan apa yang kita saksikan saat ini di panggung dunia dalam hal transformasi militer dan kemajuan teknologi, merupakan komponen penting dari apa yang akan dibawa oleh masa depan geopolitik.

Ketidakkonsistenan operasi militer Beijing, mulai dari maritim hingga domain siber, juga melalui operasi psikologis dan informasi, ditetapkan untuk mempengaruhi interaksi strategis negara-negara masa depan dengan konsekuensi yang tidak terduga.

Sumber:

Sergio Miracola  (ISPI ASSOCIATE RESEARCH FELLOW)
21 December 2018
https://www.ispionline.it/…/pu…/chinese-hybrid-warfare-21853

(sumber indonesia)