Sikap Erdogan atas Pembunuhan Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi

▶️ Dengan bukti yang dimiliki Turky, Erdogan sudah bisa menyeret Ben Salman ke Mahkamah Internasional. Apalagi terlihat tidak ada niatabaik dari Ben Salman dengan terus berbohong kepada otoritas Turky, padahal Turky sudah memegang semua bukti.

▶️ Setidaknya ada 3 alasan kenapa Erdogan akan memberi hukuman berat kepada Ben Salman. 1. Pembunuhan ini menyangkut kedaulata Turky (terjadi di negara Turki). 2. Jamal Khashoggi adalah sahabat Erdogan. 3. Harga diri Turky di mata dunia internasional.

▶️ Kabar yang gw terima, Inggris dan Amrik sudah lepas tangan (lepas tangan tidak mau membantu Saudi) karena Erdogan sudah memegang semua bukti. Jika Erdogan meneruskan kasus ini maka tidak ada lagi yang bisa membela Ben Salman. Bisa jadi ini akhir dari kisah keluarga Saud.

▶️ Bagimana skenario ke depannya? Apa yang akan dilakukan Ben Salman dan Erdogan setelah semua bukti didapat?

▶️ Jika bukti pembunuhan sudah lengkap, Turky berhak menutup Konsulat Saudi dan menangkap yang terlibat.

▶️ Gw yakin Ben Salman memutilasi Jamal atas sepengatahuan Amrik. Ga mungkin Ben Salman gerak tanpa restu Trump. Jadi statement Trump terkait kasus ini omong kosong belaka.

▶️ Trump udah ga punya cara menyelamatkan Ben Salman, kalau menyelamatkan diri sendiri mungkin bisa tapi konsekuensinya satu pabrik uangnya (Saudi) lepas. Itu sebabnya Trump masih berusaha merayu Erdogan agar kasus ini dibikin gelap aja.

▶️ Tapi kabar dari internal Turky: jangan takut, ada bom lebih besar yang sudah disiapkan Erdogan untuk Ben Salman. Erdogan paham siapa musuh nomor satunya, Amrik.

Menarik ditunggu. [portalislam]