Sisi, Jenderal Cerdas dan Licik, Ikhwan Terkelabui (3-Tamat)

mansour sisiKetika Jenderal Sisi mengumumkan intervensi militer yang menggulingkan presiden,  para pendukung utama dan pemimpin sekuler duduk di sampingnya.

Ketidaknyamanan militer tumbuh karena ekonomi anjlok dan, khususnya, perselisihan dengan Ethiopia atas akses terhadap air di sungai Nil tumbuh lebih serius. Seorang diplomat mengatakan Jenderal Sisi sudah mulai di bawah tekanan dari perwira menengah untuk bertindak.

Para jenderal juga terganggu oleh investigasi karena kesalahan mereka sendiri. Sebagai salah satu tindakan pertamanya, Mursi membentuk sebuah komisi pencari fakta atas  kematian para demonstran selama revolusi melawan Mubarak, hingga 30 Juni 2012, hari terakhir kekuasaan militer. Laporan itu mencakup kesaksian para korban mengenai dugaan penyiksaan oleh anggota intelijen militer di bawah instruksi Jenderal Sisi. Tapi sayangnya  Mursi menolak untuk mempublikasikan laporan itu , dan menutup kasusnya agar Sisi menjadi tidak terhakimi, dan tidak ada investigasi militer yang dihasilkan dari penyelidikan itu. Saat itu Mursi telah menolong Sisi dari kejatuhan karirnya.

Jatuhnya Mursi adalah tahap terbaru pertempuran yang sudah lama terjadi antara supremasi militer dan Ikhwanul Muslimin, ditandai dengan banyaknya kesepakatan dan, sekarang, konflik terbuka. Pada akhirnya, Mr Morsi telah digulingkan oleh seorang jenderal yang menarik kharismatik , yang berakhir dengan sebuah penghianatan.

Jenderal  Sisi mengatakan Ikhwan telah mulai mengubah bangsa Mesir menjadi Bangsa agama. Tapi secara umum, dan tentara diperintahkan, akan memastikan bahwa “Mesir adalah tetap Mesir,” katanya.

(Grd/Zd)