Sudah Lama AS Kalah Perang di Afghanistan

Meskipun terpilih secara demokratis, ia tidak memiliki dukungan luas. Pada pemilu 2019, lebih dari 1,8 juta orang memilih di negara dengan populasi 39 juta. Korupsi mewabah dan miliaran dolar bantuan AS, yang dibuang sembarangan, membuatnya jauh lebih buruk. Pemerintah tidak pernah benar-benar memasukkan komunitas Pashtun pedesaan, dari mana Taliban memperoleh kekuatan terbesarnya.

Namun di atas semua itu, legitimasi pemerintah itu lumpuh karena hanya bertahan berkat dukungan kekuatan asing. Identitas Afghanistan terkait erat dengan perlawanan terhadap invasi asing, khususnya invasi orang-orang kafir. (Sejarah Afghanistan memuliakan perjuangan selama satu abad melawan Inggris dan jihad melawan Uni Soviet yang komunis) Sangat mudah untuk menggunakan kiasan ini untuk memobilisasi nasionalisme dan pengabdian agama, yang dengan kuat memicu keinginan untuk berjuang dan mati. Pemerintah Ashraf Ghani tidak memiliki narasi penyeimbang dengan intensitas yang sama untuk menginspirasi pasukannya.

Amerika Serikat telah menyaksikan Taliban mendapatkan tanah di Afghanistan selama bertahun-tahun sekarang. Ia kaya dan cukup kuat untuk dapat menutupi kenyataan itu melalui aliran serangan balik dan serangan udara, rudal, dan pesawat tak berawak yang stabil. Tetapi tidak ada yang mengubah fakta bahwa, terlepas dari semua upayanya, Amerika Serikat tidak dapat mencapai kemenangan — Amerika Serikat tidak dapat mengalahkan Taliban.

Bisakah itu ditarik lebih baik, lebih lambat, di musim yang berbeda, setelah lebih banyak negosiasi? Tentu. Penarikan ini telah direncanakan dan dilaksanakan dengan buruk. Tetapi kebenaran yang sebenarnya adalah ini: Tidak ada cara yang elegan untuk kalah dalam perang.[TheGlobalReview]

Sudarto Murtaufiq, Peneliti Senior Global Future Institute (GFI)