Tempo Bongkar Aliran Dana Reklamasi Rp.30 Miliar ke Teman Ahok

Sunny Tanuwidjaja merupakan anggota staf khusus Ahok. Namun, setelah beberapa kali diperiksa KPK, Ahok menyebut Tanuwidjaja sebagai anak magang.

Sedangkan Cyrus yang disebut Junimart adalah lembaga konsultan politik yang dipimpin Hasan Nasbi.

Hasan awalnya menjadi penopang pendanaan Teman Ahok. Kantornya di Graha Pejaten, Jakarta Selatan, berdampingan dengan sekretariat kelompok itu. Sebagian besar aktivis Teman Ahok pun berasal dari Cyrus. Hasan tidak membantah menggagas dan mendanai tahap awal Teman Ahok. “Kalau itu, gue akui,” ujarnya.

Kepada wartawan setelah rapat dengar Komisi III DPR, Ketua KPK Agus Rahardjo menyebutkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi soal aliran dana itu, jadi tinggal memperdalam saja.

Dari sejumlah sumber informasi, KPK telah meminta keterangan Andreas Bertoni, bekas Managing Director Cyrus Network Public Affairs, pada 15 April lalu. Atas prakarsa teman dekatnya, Miftah Sabri, Andreas bersedia dimintai keterangan oleh tiga penyelidik KPK. Miftah mengenal satu dari tiga penyelidik itu.

Semula pertemuan digelar di restoran Marco Padang Peranakan di lantai lima pusat belanja Pacific Place, Sudirman, Jakarta. Karena tempatnya terlalu ramai dan terbuka, mereka pindah ke kafe Potato Head di lantai dasar mal tersebut.