Tentang BlackOut PLN: “Test The Water” Serangan Negara?

Tiga peneliti Princeton mendokumentasikan kemungkinan menakutkan itu. Hal-hal seperti kegagalan saluran listrik, gangguan tegangan, dan pemadaman listrik berskala luas yang terus-menerus.

Mereka mengatakan jaringan listrik memang rentan terhadap serangan cyber tidak langsung melalui Internet of Things (IoT)

 

Bagaimana Cara Kerjanya?

Anda dapat memberi tahu termostat cerdas Anda untuk menyalakan AC sebelum pulang; Anda dapat memanaskan oven IoT baru yang mengilap itu melalui aplikasi di ponsel Anda; atau Anda dapat mengaktifkan pemanas ruang yang diaktifkan Wi-Fi Anda tanpa turun dari tempat tidur dan berjalan melintasi ruangan. Betul?

Dan jenis-jenis perangkat pintar tegangan tinggi inilah yang bisa digunakan oleh peretas dan penyerang cyber untuk menjatuhkan jaringan

listrik.

Para peneliti menyebut skenario blackout sebagai “serangan MadIoT,” yang merupakan singkatan dari Manipulasi D emand melalui IoT (Mad loT).

Dan inilah masalahnya. Utilitas listrik lokal kita, jaringan listrik regional dan nasional beroperasi seperti mesin yang diminyaki dengan baik.

Data besar dan analitik memungkinkan mereka yang berada dalam pembangkit dan distribusi tenaga listrik untuk membuat perkiraan yang akurat tentang berapa banyak daya yang dibutuhkan, di mana akan dibutuhkan, dan kapan.

Namun, menurut peneliti Ivy League Saleh Soltan, Prateek Mittal, dan H. Vincent Poor, kenaikan atau penurunan tiba tiba permintaan daya yang di luar “norma” akan sangat mungkin terjadi jika peretas membuat “botnet” atau jaringan dari perangkat IoT tegangan tinggi ini.

Kontrol ini dan perubahan cepat yang dihasilkan pada permintaan daya dapat memicu skenario kematian jaringan listrik yang sulit dipertahankan dan bisa sama sulitnya untuk dibalik.

Gambaran Besar dari Studi Permintaan Daya Karena Serangan Cyber

Studi ini mencakup banyak detail teknis, tetapi inilah gambaran besarnya:

Operasi normal dari jaringan listrik bergantung pada keseimbangan persisten antara suppy dan demand.

Dengan demikian, pendekatan musuh bisa mengganggu keseimbangan ini dengan menggunakan botnet IoT.

Penjahat dapat memanfaatkan botnet IoT dari perangkat dengan watt tinggi dan serentak menghidupkan semua perangkat yang terkoneksi .

Jika ada peningkatan permintaan yang tiba-tiba yang jauh lebih besar melampaui ambang batas … maka akibatnya dapat mengakibatkan aktivasi relay pelindung generator rusak dan hilangnya generator, dan akhirnya terjadi pemadaman.

Pada sisi permintaan juga dapat menghasilkan efek yang sama ….

1. Kegagalan saluran: Ketika sistem turun dengan cepat dari keseimbangan, terjadi kelebihan muatan di area tertentu, akan mematikan jalur tertentu.

2. Kegagalan Cascading: Setelah saluran awal gagal, daya itu harus pindah ke tempat lain dalam sistem, yang dapat mengakibatkan kelebihan beban tambahan dan kegagalan saluran.

3. Pemadaman : Kegagalan ini dapat “pada akhirnya mengakibatkan pemisahan sistem menjadi pulau-pulau tidak seimbang yang lebih kecil dan pemadaman berskala besar.”

Empat masalah utama jika permintaan daya ini, yang bisa terjadi karena serangan penjahat dunia maya

Para peneliti mengungkapkan empat faktor penyebab serangan MadIoT jenis ini pada jaringan listrik yang akan mengakibatkan kesulitan untuk dihentikan dan pulih kembali.

1.”Sumber serangan MadIoT sangat sulit untuk dideteksi dan diputus oleh operator jaringan. Alasan utamanya adalah bahwa pelanggaran keamanan ada di perangkat IoT, namun serangan itu ada di jaringan listrik.”

2. Serangan MadIoT mudah diulang. “Selain itu, pengulangan ini memungkinkan musuh untuk menyebabkan pemadaman terus-menerus di jaringan listrik dengan mengganggu proses start hitam ….” (Ini adalah proses membawa semuanya kembali online setelah pemadaman.)

3. “Serangan MadIoT adalah ‘kotak hitam.’ Musuh tidak perlu mengetahui topologi yang mendasari atau sifat operasional rinci dari grid, meskipun ia dapat menggunakan informasi tingkat tinggi yang tersedia di situs web ISO untuk meningkatkan waktu serangannya. “(ISO adalah operator sistem independen.)