Thomas Mantell Jr, Pilot Pertama dan Berbakat Yang Tewas Saat Kejar UFO

Seorang pengamat dari Clinton County Army Airfield di Ohio mengatakan objek tersebut juga terlihat dari tempat tersebut melalui radar. Ia juga menambahkan ketika diamati melalui teropong binocular, objek terbang tak dikenal itu mengeluarkan api dan gas berwarna hijau yang diamatinya selama 35 menit.

Masih di Ohio namun di tempat lainnya, yaitu di Lockbourne Army Airfield Ohio, terlihat dari radar dan melaporkan benda itu sempat turun mendekat ke darat untuk beberapa saat. Namun segera melesat naik hingga ketinggian 10.000 kaki dengan sangat cepat, kemudian melaju dengan kecepatan luar biasa diatas 500 mil per jam.

Pengejaran dan pencegatan (intercepting) objek terbang
Tak tinggal diam, pihak militer Amerika melalui komando segera menerbangkan empat buah P-51 Mustang dari Squadron 165 di Kentucky National Air Guard yang salah satu pesawatnya dipiloti oleh Thomas Francis Mantell. Komunikasi radio yang terjalin antara empat pilot dan menara pengawas ATC dilakukan oleh Sersan Blackwell.

Tak berapa lama berselang setelah keempat pesawat itu tinggal landas untuk mencegat (intercept) objek terbang tak dikenal, salah satu pesawat itu berhenti melakukan pengejaran karena kehabisan bahan bakar dan pulang ke pangkalan.

Saat itu tinggal tiga orang pilot yang tersisa yaitu Clemmons, Mantell dan Letnan Hammond. Mereka masih mengejar objek itu hingga ketinggian 22.500 kaki atau 6.858 meter.

Tetapi akhirnya Clemmons dan Hammond juga tidak melanjutkan pengejaran karena cadangan oksigen dalam pesawat telah menipis, begitu juga dengan Mantell. Mereka berdua kembali ke pangkalan.