Waspada, Makanan Berlabel “Organik” Dari Cina Nyaris Seluruhnya Palsu!

chinasmog1Eramuslim.com – Sebuah penelitian menyimpulkan, bahwa sebagian besar makanan dan suplemen gizi yang berlebel “organik” dari Tiongkok ternyata tipuan (bohong).

Mengutip dari laman NaturalNews, alasan pertama, orang-orang akan terkejut ketika mengetahui bahwa tidak ada batas untuk berapa banyak merkuri, timbal, kadmium, arsenik dan aluminium diperbolehkan dalam produk “organik”.

“Itu fakta, standar organik USDA menempatkan tanpa batas pada kadar logam berat yang terkontaminasi dari makanan organik bersertifikat. Bahkan lebih jauh, tidak ada batasan pada kontaminasi PCB, BPA dan bahan kimia sintetis lainnya yang diperbolehkan dalam bersertifikat makanan organik, dan suplemen,” tulis Mike Adam, Editor sekaligus jurnalis yang menyelidiki kasus makanan organik dari Tiongkok.

Menurut ia, orang-orang mungkin ‘menggelengkan kepala’ karena tidak percaya dan berpikir, “Tidak, itu tidak bisa menjadi kenyataan. Standar organik menyimpulkan ada logam berat dan kontaminasi kimia?.”

Untuk diketahui, “Organik” merupakan proses bagaimana makanan tumbuh atau diproduksi. Ini menyatakan bahwa petani tidak menambahkan pestisida, herbisida, pupuk berbasis minyak bumi, logam atau bahan kimia sintetis untuk tanaman (misalnya), dan menyatakan bahwa tanah harus bebas dari hal-hal tersebut untuk beberapa tahun ke depan sebelum sertifikasi organik disetujui.

Tapi sertifikasi organik tidak berpengaruh untuk mengatasi sumber lingkungan yang berpolusi, air irigasi yang terkontaminasi, dan dampak dari pabrik industri atau bahan kimia yang mungkin di dekatnya. Seorang petani organik bersertifikat dapat menggunakan air yang tercemar pada tanaman mereka dan masih mencantumkan tanaman berlabel “organik.”

Untuk alasan ini, lingkungan di mana makanan organik diproduksi sangat penting untuk kebersihan produk akhir.

Pertanian organik di lingkungan yang bersih menghasilkan makanan organik yang bersih. Tapi pertanian organik di lingkungan tercemar menghasilkan makanan organik yang terkontaminasi. Dan, Tiongkok menjadi salah satu septik tank kimia yang paling tercemar di planet Bumi.

chinawaterTiongkok yaitu mimpi buruk bagi lingkungan. Selain itu, Tiongkok yakni bangsa yang memiliki hampir tidak ada penegakan peraturan lingkungan.

Di Tiongkok, apapun itu, orang-orang dapat membuang merkuri ke sungai. Mereka bisa menyemprotkan limbah manusia pada tanaman. Mereka dapat memproduksi bahan kimia buatan pabrik dan meniup produk limbah langsung ke udara melalui cerobong asap.

Di samping itu, di Tiongkok juga banyak sungai yang begitu beracun itu, dari waktu ke waktu, mereka benar-benar ‘terbakar’ dan ‘membakar’.

Ini sangat buruk sehingga seorang pejabat lingkungan Tiongkok baru-baru ini ditawarkan lebih dari US $30.000 untuk mengambil 20 menit berenang di sungai setempat.

Ia menolak. Mengapa? Karena sungai ada begitu tercemar yang berenang di dalamnya akan “Mati”.

Air ini yang sering digunakan dalam “organik” makanan dan suplemen produksi Tiongkok. Jadi meskipun petani mengikuti standar proses organik, ia mungkin menggunakan air irigasi yang liar terkontaminasi dengan logam, bahan kimia dan bahkan residu pestisida. Dia mungkin menyemprotkan obat hormon pada tanaman karena ada pabrik farmasi hulu.

Di sebuah negara dengan hampir tidak ada undang-undang lingkungan, “organik” produksi pangan sebagian besar penipuan karena sumber lingkungan mencemari makanan atau sejenisnya yang diproduksi di sana.

Ada beberapa pengecualian untuk ini, terutama goji berry yang tumbuh di dataran tinggi, jauh dari polusi kota dan sungai di Tiongkok. Goji (biji) berry bersumber dari Tiongkok cenderung sangat bersih dan memiliki tingkat yang sangat rendah kontaminasi.

Sementara itu, di Amerika Utara, “organik” adalah sah justru karena Amerika Utara memiliki standar lingkungan jauh lebih ketat. Organik menjadi makanan yang bersih, bertanggung jawab diproduksi, dan secara konsisten kurang terkontaminasi ketimbang makanan konvensional.

Hal yang sama berlaku di seluruh Eropa, di mana standar organik juga ketat. Tapi di Tiongkok, “organik” sering menjadi ‘lelucon’. Menurut Adam itu hampir sebagai tipuan atau rekayasa masyarakat Tiongkok.(ts/aktual)