Lebih Dari 19 Ribu Kaum Wanita Tewas Dalam 4 Tahun Konflik Di Suriah

wanita suriahEramuslim – Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah menyatakan sebanyak 18457 wanita tewas ditangan tentara Bashar Al Assad dalam konflik bersenjata di Suriah sejak awal Maret tahun 2011 lalu, dalam sebuah laporan terbaru memperingati hari perempuan dunia pada 8 Maret 2014.

Dalam laporan yang berjudul “Tebing Jasmine” tersebut, Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah menyebut tentara rezim Bashar hingga akhir Februari lalu telah menewaskan sedikitnya 18.457 wanita sejak Maret 2011 akibat serangan bom ke pemukiman sipil.

Jaringan Hak Asasi Manusia Suriah juga mendokumentasikan pembunuhan sedikitnya 31 wanita tewas ditangan pasukan Kurdistan Suriah, 159 wanita tewas ditangan Negara Islam, 60 wanita oleh Jabhah Nusra, dan 427 wanita oleh berbagai faksi pejuang revolusioner Suriah.

Selain itu laporan juga berisi catatan pembunuhan wanita Suriah juga mendokumentasikan sekitar 6.580 kasus penahanan sewenang-wenang terhadap perempuan Suriah oleh tentara rezim Bashar Al Assad.

Organisasi pemerhati Ham yang berbasis di ibukota London ini menyebut bahwa sekitar 2.500 wanita kini masih berada di dalam penjara-penjara pemerintah, 225 diantaranya di bawah usia 18 tahun.

Hingga 4 tahun berjalannya konflik bersenjata di Suriah, Jaringan Hak Asasi Manusia menyebut kaum wanita dan anak-anak masih menjadi target penculikan, penahanan, pemerkosaan dan pembunuhan oleh tentara pemerintah dan pejuang revolusi Suriah. (Anadolu/Ram)