free hit counters
 

Mafia Italia Ancam IS: “Jangan Macam-Macam di Wilayah Kami!”

Redaksi – Rabu, 11 Safar 1437 H / 25 November 2015 17:30 WIB

gambinoEramuslim.com – Jaringan mafia Italia yang bergerak di Amerika Serikat yakin mampu menangkal terorisme. Kelompok kriminal ini mengkritik intelijen kepolisian terlalu lambat bergerak, berakibat pada insiden di Ibu Kota Paris, Prancis, pada 13 November lalu. Serangan beruntun di tujuh lokasi berbeda menandakan polisi Prancis tak punya intel lapangan mumpuni, kalah dari pola komunikasi para gangster.

Pernyataan itu dibuat oleh Giovanni Gambino, putera mahkota Dinasti Papa Gambino yang menguasai jaringan kriminal bawah tanah Kota New York. Dia menjamin kawasan pusat bisnis AS itu akan aman dari serangan seperti di Paris.

“Warga di New York yang punya jaringan Sisilia kami pastikan aman. Kami akan melindungi anggota keluarga dari teroris maupun ekstremis yang psikopat, terutama yang sejenis ISIS,” kata Gambino seperti dilansir Russian Times, Selasa (24/11).



Giovani mengklaim IS lebih banyak menyasar negara Eropa seperti Prancis dan Belgia untuk merekrut anggota, karena di dua negara itu bukan wilayah kekuasaan mafia.

“Berbeda dengan kawasan Sisilia (kampung halaman Mafia) yang bebas dari jaringan teroris,” cetusnya.

Kendati terkesan ngawur, pendapat serupa Gambino disampaikan pengamat ekonomi politik Nassim Nicholas Taleb. Lewat akun twitter-nya, Taleb mengatakan bukti-bukti menunjukkan IS memang tak pernah sekalipun mengusik Italia.

“Sejauh ini wilayah Eropa paling minim ancaaman teroris adalah yang dikuasai mafia,” tulisnya. Belum ada tanggapan dari IS sendiri. (ts)

Berita Terbaru